KUALITAS LAYANAN M-BANKING, PROMOSI DAN KEPUASAN NASABAH DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BSI CABANG BANJARMASIN
Kata Kunci:
Kualitas Layanan, Promosi, Kepuasan nasabah, Loyalitas Nasabah, M BankingAbstrak
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas layanan m banking dan promosi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas layanan m banking dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin. Penelitian ini bersifat explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel eksogen terdiri dari kualitas layanan m banking dan promosi. Variabel endogen terdiri dari kepuasan dan loyalitas nasabah. Populasi adalah seluruh nasabah pengguna BSI Mobile Banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin. Uji validitas menggunakan Confirmatory Factor Analyze. Sedangkan reliabilitas menggunakan Construct Reliability. Analisis data menggunakan SEM dengan Program Amos Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif namun tidak signifikan Kualitas Layanan M Banking terhadap kepuasan Nasabah; Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan nasabah; Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah; Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan promosi terhadap loyalitas nasabah; Terdapat pengaruh langsung positif dan namun tidak signifikan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah; Terdapat pengaruh tidak langsung positif namun tidak signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah; Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan namun tidak signifikan promosi terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin.
Unduhan
Referensi
Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(2), 97–106.
Andayani, M., Rusilawati, T., Hestin, & Saparudin. (2023). Meningkatkan Kesetian Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Kepercayaan PelangganPada PT Mastratech Indonesia Cabang Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(4), 664–656. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index
Ardhana, R., Saputra, K., & Muhajir, A. (2022). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Syariah Mawar Lamongan. Jurnal TRANSFORMASI, 18(2), 45–53.
Fahimah, N., Handayani Nasution, F., & Chairina. (2023). Studi Literatur Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1, 2829–2723.
Fathin, A., Cahaya, Y. F., & Erasashanti, A. P. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pengguna SIMCARD Telkomsel di Jabodetabek). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 284–307.
Ismulyaty, S., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI Kalirejo). Jurnal Nisbah, 8(1), 66–75.
Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di CV Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Management, 1, 139–152.
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Munawar, N. A., & Mahaputra, M. R. (2022). Influence Of Cashback Promotion, E-Service Quality, Customer Satisfaction on Re-Use Interest. Dinasty International Journal Of Management Science, 3(4), 742–751. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i2
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Putra, A. W. P., & Sugiyono. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(2), 1–17.
Ramandey, E., & Goo, E. P. K. (2022). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk. Cabang Abepura. JUMABIS (JURNAL MANAJEMEN & BISNIS), 6(1), 1–11.
Rawis, R. R. S., Lapian, S. L. H. V. Joyce., & Wullur, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Novotel Manado). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 7(2), 464–475.
Riyanto, J., & Muchayatin. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka di Kota Semarang. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(1), 2809–2406.
Safitri, V. N., & Widyastuti, E. (2023). PERAN KEPUASAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Journal Islamic Banking and Finance, 3(1), 71–82. http://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/Albank
Setiawan, N. B., Sunyoto, D., Wahyudi, D., & Nurwiyanta. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Mediasi Kepuasan Nasabah. Open Journal Systems, 17(6), 1061–1075.
Sofyan, J. F., Kristin, I., & Kustiawan, U. (2022). Pengaruh kepuasaan pelanggan, kualitas layanan dan promosi di sosial media yang dimediasi oleh komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Traveloka. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 11(2), 125–140.
Sovania, E., & Selliamanik, I. (2019). Pengaruh Promosi Media Situs Jual Beli Online terhadap Peningkatan Penjualan Produk UKM. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 262. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.2612
Sudirjo, F., Hadiyati, R., Nyoman Tri Sutaguna, I., & Yusuf, M. (2023). The Influence of Online Customer Reviews And E-Service Quality On Buying Decisions In Electronic Commerce. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2). https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Togodly, E. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica di Kabupaten Jayawijaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–9.
Tores, R. (2022). MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Studio Sekayu, 3(1), 52–65.
Walangitan, O. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Pt. Columbia Kotamobagu. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(004), 269317.
Wibisono, H.H., & Tjahjaningsih, E. (2023). Peran customer satisfaction sebagai mediasi antara service quality dan corporate image terhadap customer loyalty. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1). https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3635
Wibowo, A. H., Alwie, A. F., & Sukirno Putro, T. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Rumah Kos Di Panam Pekanbaru Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pekanbaru. Jurnal Sosial Humaniora Terapan , 5(1).
https://scholarhub.ui.ac.id/jshtAvailableat:https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol5/iss1/2
Yuliani, K. C., & Luhgiatno. (2022). Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Komunikasi Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank BCA Kota Semarang). Jurnal IlmiahFokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 01(03), 228–296