Analisis Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Bank Syariah (Studi pada PT Bank Muamalat Indonesia dan PT Bank Syariah Mandiri di Kota Banjarmasin)

Authors

  • Heldalina Heldalina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Menganalisis pengaruh variabel-variabel service quality (corporal efficiency, core banking, convenience, confidence, compliance dan cost-benefit ratio)  yang berpengaruh secara simultan terhadap customer satisfaction pada nasabah bank Muamalat dan BSM cabang banjarmasin, (2) Menganalisis pengaruh variabel-variabel service quality (corporal efficiency, core banking, convenience, confidence, compliance dan cost-benefit) yang berpengaruh secara parsial terhadap customer satisfaction pada nasabah bank Muamalat dan BSM cabang banjarmasin, (3) Menganalisis perbedaan tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction) antara Bank Muamalat Indonesia dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dari Bank Muamalat Indinesia dan Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin dengan jumlag sampel 100 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Judgemental sampling. Pengujian validitas kuisioner dilakukan dengan metode korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas kuisioner menggunakan metode  cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dan One-way Anova.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel service quality yaitu corporal efficiency, core banking, convenience, confidence, compliance dan cost-benefit ratio berpengaruh signifikan secara simultan terhadap customer satisfaction. Namun secara parsial hanya 4 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu  convenience, confidence, compliance dan cost-benefit, sedangkan variabel corporal efficiency, core banking tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis one-way anova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan antara nasabah Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

05/01/2016

How to Cite

Heldalina, H. (2016). Analisis Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Bank Syariah (Studi pada PT Bank Muamalat Indonesia dan PT Bank Syariah Mandiri di Kota Banjarmasin). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 16(1), 50–68. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/309

Issue

Section

Articles