Promosi Dan Keputusan Penggunaan E-Banking Pada Pt Bank Bri (Persero)Tbk

Penulis

  • Hikmayanti Huwaida

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.491

Kata Kunci:

Promosi, Keputusan Penggunaan

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mengetahui promosi dan keputusan penggunaan E-Banking pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden sebanyak 50 orang yang melakukan transaksi pada frontliner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin  58% mengenal Produk E-Banking. Produk E-Banking dijelaskan pada saat pembukaan rekening. Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin  34% mengetahui semua jenis produk E-Banking melalui media iklan. Nasabah mengenal Produk E-Banking dengan persentase di atas 50% menggunakan media iklan televisi, brosur, baleho, Xbanner,  dan spanduk.  Media iklan yang persentase nya di bawah 50% yaitu iklan radio, koran, dan majalah. Selain media iklan nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin mengetahui semua jenis produk E-Banking  dari keluarga, kerabat dan teman,  dan menyatakan  biaya administrasi E-Banking cukup terjangkau. Pada media iklan yang persentase nya di bawah 50% seperti iklan radio, koran, dan majalah perlu ditingkatkan. Pengguna E-Banking pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin memutuskan menggunakan E-Banking 56% setelah adanya promosi penjualan secara langsung, 56% datang secara langsung ke bank, 52% berdasarkan pengalaman orang lain, 76% karena faktor  teknologi, dan 78% menyatakan produk sangat bermanfaat, aman, mudah dan menghemat waktu dalam bertransaksi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Effendi, Ilhami. (2015). Pengertian E-Banking. https://www.it-jurnal.com
Haque et. al . (2009). Electronic Transaction Of Internet Banking And Its Perception Of Malaysian Online Customers. African Journal of Business Management Vol.3 (6), pp. 248-259, June 2009 Available online at http://www.academicjournals.org /AJBM DOI: 10.5897/AJBM09.036 ISSN 1993-8233 © 2009 Academic Journals.
Imelda, Sri dan Huwaida, Hikmayanti. (2016). Strategi Promosi Guna Meningkatkan Omzet Penjualan Sparepart Dan Service Pada Pt Nusantara Borneo Motor. INTEKNA, nov. 2016. ISSN 2443-1060.http://ejurnal.poliban.ac.id.
Imelda, Sri dan Sangen, Marijati. (2013). Pengaruh Keputusan Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi Di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen 1 (2), 259-280. vol 1, no 2 (2013). Http://jwm.ulm. ac. Id
Rofi’i., Huwaida, Hikmayanti., Imelda, Sri. (2015). Making Model of Majoring In Business Administration As An Effect Of Social Environment And Individual Psychological Aspect (Study On Universities in South Kalimantan). IJABER, Vol. 13, No. 7 (2015): 4977-4993. http://www.serialsjournals.com/articles.php?volumesno_id=918&journals_id=22&volumes_id=788
Schifman, Leon. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing).
Suryana, Deni. (2011). Manfaat Internet E-Banking. Online.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Diterbitkan

31-05-2017

Cara Mengutip

Huwaida, H. (2017). Promosi Dan Keputusan Penggunaan E-Banking Pada Pt Bank Bri (Persero)Tbk. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 17(1), 37–46. https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.491

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>