PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG

Penulis

  • Lenni Lukitasari Sekolah Tinggi Farmasi Bandung

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas layanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran asa dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa S1 Farmasi di STFB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 277 responden. Penelitian  dilaksanakan pada Perguruan Tinggi Swasta bidang Farmasi di Kota Bandung. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Bauran Pemasaran Jasa dan Nilai Pelayanan berada pada kategori cukup baik, Kepuasan mahasiswa berada pada kategori cukup baik. (2). Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh 81,6%. (3) Secara parsial Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh masing-masing sebesar 35,8% dan 57,7%. Sedangkan korelasi bauran pemasaran jasa dengan kualitas layanan sebesar 85,9 %, Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan dibandingkan dengan bauran pemasaran jasa. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi awal untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa STF Bandung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi, Cetakan Kedelapan, Rineka Cipta : Jakarta.
Buchari, Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan, Alfabeta : Bandung
Heryanto Imam, 2018. Path Analysis Menggunakan SPSS dan Excel, Panduan Pengolahan Data Penelitian Untuk Skripsi/Tesis, Informatika Bandung.
Kotler Philip, diterjemahkan oleh Molan, 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhalindo Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat : Jakarta
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Tjiptono Fandi, 1998. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.
Umar Husein, 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Diterbitkan

30-05-2019

Cara Mengutip

Lukitasari, L. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 19(1), 29–39. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/720