PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS DENGAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Kata Kunci:
Bauran Promosi, Perilaku Konsumen, Gaya Hidup, Keputusan Mahasiswa Memilih JurusanAbstrak
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh gaya hidup, promosi, dan perilaku konsumen terhadap keputusan mahasiswa memilih Jurusan Administrasi Bisnis, pengaruh gaya hidup, promosi terhadap perilaku konsumen, dan pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan mahasiswa memilih Jurusan Administrasi Bisnis. Penelitian ini bersifat explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel eksogen terdiri dari gaya hidup dan promosi. Variabel endogen terdiri perilaku konsumen dan keputusan mahasiswa memilih Jurusan. Populasi adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis. Sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis. Uji validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Analisis data menggunakan SEM dengan program Amos Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen. Bauran promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Gaya hidup tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Jurusan Administrasi Bisnis. Terdapat pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan mahasiswa memilih Jurusan Administrasi Bisnis. Terdapat pengaruh bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih Jurusan Administrasi Bisnis.
Unduhan
Referensi
1. Ardhana, R., Saputra, K. and Muhajir, A. (2022) 'PENGARUH LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SYARIAH MAWAR LAMONGAN', Jurnal TRANSFORMASI, 18(2), pp. 45–53.
2. Ari, M.Y. et al. (2022) 'PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG (STUDI PADA MAHASISWA/I UNIVERSITAS NUSA CENDANA) Koresponden : a)', Glory: JurnalEkonomi&IlmuSosial [Preprint]
3. Azizah, N., Devy, A. and Fikriyah, K. (2022) 'Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan BSI Mobile pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Dipenogoro', Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1), pp. 1386–1398
4. Baharsyah, S. and Nurhasan, N. (2023) ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI UMS’, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis), 2(1), pp. 14–30. Available at: https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5767.
5. Choirunnisa, Z. (2023) ‘PENGARUH PROMOSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE GEN Z DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA’, in Prosiding SNAProsiding SNADES 2023-Masa Depan Desain Di Era Digital Untuk Indonesia .
6. Faulina, T. and Susanti, F. (2023) ‘PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI BHINTANG PONSEL PADANG’, Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), pp. 560–577. Available at: https://doi.org/10.46306/vls.v3i1.
7. Febrian Marvelino, Y. et al. (2023) ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Akuntansi UNNES 2023’, Jurnal Potensial, 2(2), pp. 136–144. Available at: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial.
8. Fitri, N.A. and Basri, H. (2021) ‘Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Milenial Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Pengetahuan Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi’, Journal Ekombis Review, 9(2), pp. 183–192. Available at: https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1329.
9. Hastuti, F.T. et al. (2023) ‘Analisis Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi: Studi Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun’, JAMBURA, 6(1), pp. 159–174. Available at: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB.
10. Helmi Adam, F. and Hariyanto, A. (2023) ‘Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Melanjutkan Pendidikan Strata-1 Ekonomi Islam Universitas Diponegoro’, Jurnal Akuntan Publik, 1(1), pp. 50–65
11. Hidayat, R., Samsudin, A., Khoirunnisa, F., Susilo, A.A.H., et al. (2023) ‘Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Administrasi Bisnis pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jawa Timur’, Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), pp. 449–458. Available at: https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2763.
12. Hidayat, R., Samsudin, A., Khoirunnisa, F., Azizah, A., et al. (2023) ‘Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Administrasi Bisnis pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jawa Timur’, Transformasi Manageria Journal of Islamic Education Management, 3(2), pp. 449–458. Available at: https://doi.org/10.47476/manageria.v3i2.2763.
13. Mahram, Y.D. and Alief Annanta, M. (2021) ‘PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG (UMP)’, MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1). Available at: http://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi.
14. Novianti, N., Endri, E. and Darlius, D. (2018) ‘KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN’, MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), p. 90. Available at: https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006.
15. Nuriatullah, N. and Muhammad Syafaat, d (2022) ‘FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH JURUSAN EKONOMI SYARIAH’, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam-JIEBI, 4(2).
16. Rofi’i, Huwaida, H. and Imelda, S. (2015) ‘STUDENT DECISION MAKING MODEL OF MAJORING IN BUSINESS ADMINISTRATION AS AN EFFECT OF SOCIAL ENVIRONMENT AND INDIVIDUAL PSYCHOLOGICAL ASPECT (STUDY ON UNIVERSITIES IN SOUTH KALIMANTAN)’, I J A B E R, 13(7), pp. 4977–4993.
17. Tjondro Winarno, S. (2023) ‘Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Perilaku Konsumen di Café Okui 3.0 Surabaya’, in Akselerasi Hasil Penelitian dan Optimalisasi Tata Ruang Agraria untuk Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan, pp. 1393–1401.
18. Winda A. Solihin, Bernhard Tewal and Rudy Wenas (2020) ‘PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE’, Jurnal EMBA, 8(1), pp. 511–520