PENGARUH GROUP REFERENCES DAN BIAYA KULIAH TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN PADA MASA PANDEMI COVID- 19

Penulis

  • Muhammad Teguh Nuryadin poliban
  • Riswan yunida Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstrak

Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan institusi pendidikan vokasi yang ada di kota Banjarmasin dan merupakan satu satunya yang berstatus negeri. Hal ini sangat potensial dalam menarik minat dari calon mahasiswa untuk memilih berkulliah di politeknik negeri banjarmasin. Kurikulum yang berbasis praktik yang diterapkan dengan tujuan mencetak tenaga profesional yang siap kerja yang senada dengan program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Organisasi kemahasiswaan juga turut memberikan kontribusi dalam menarik minat mahasiswa untuk kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin. Referensi atau rujukan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Politeknik Negeri Banjarmasin yang sudah memiliki reputasi dan dikenal dengan capaian prestasi dari Internasional sampai lokal memberikan hasrat ketertatarikan calon maahasiswa untuk Kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin. Faktor biaya kuliah juga menjadi indicator pertimbangan penting dalam menentukan pilihan, di Politeknik Negeri Banjarmasin menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disusun berdasrkan tingkatan (grade) dengan perhitungan penghasilan dan tanggungan orang tua / wali. Terlebih dimasa pandemic covids-19 saat ini membuat biaya kuliah menjadi salah satu petimbangan utama dalam memutuskan memilih perguruan tinggi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) apakah Group References dan Biaya Kuliah Berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Mahsiswa memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19, (2) apakah Group References Berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Mahsiswa memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19, (3) apakah Biaya Kuliah Berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Mahasiswa memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19.

Metode penelitiaan yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunaka regeresi linier berganda menggunaka softwere SPSS for Windows dengan jumlah responden sebanyak 100 responden.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari Group References dan Biaya Kuliah terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19, terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari Group References terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19 dan  tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari Biaya Kuliah terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin pada masa Pandemi Covid-19.

 

Kata kunci : Group References, Biaya Kuliah, Keputusan Mahasiswa           

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, (2002), Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, PT.Refika Aditama, Bandung.

Arifatun Nisak, Saryadi, Sri Suryoko. 2012. “ Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Tentang Perbankan SyariahTerhadap Minat Menabung “. Jurnal Manajemen Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Darmadi Durianto, dkk. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jamaluddin Sawaji, Djabir Hamzah, Idrus Taba. 2011. “An Analysis of Student’s Decision Making to Choose Private Universities in South Sulawes “. Tesis. STMIK Handayani, Makasar.

Muhammad Teguh Nuryadin, Riswan Yunida, Padli. 2017. “Pengaruh Group References terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi (studi pada Politeknik Negeri Banjarmasin)”. Prosidding Aplied Science, Bisnis and Information system (ASBIS). Politeknik Negeri Banjarmasin

Kotler & Amstrong. 2006. The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Keller, Kevin, Lane. 2011. Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Santoso Singgih. 2012. Statistik Parametrik. Jakarta: Elek Media Komputindo

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Customer Behaviour. Eight Edition. Pearson Educational International.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks Puri Media Kembangan.

Sri Mulyatini, Suharyati, Tati Handayani. 2013. Faktor- Faktor Yan Berpengaruh Terhadap Keputusan Memilih Program Studi ”. Jurnal Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi UPN Jakarta.

Wiliam O. Bearden dan Michael J. Etzel, 1982 (copyright 2001). Reference Group Influence on Product and Brand Purcase Desicions. The Journal Of Consumer Research

Diterbitkan

31-05-2022

Cara Mengutip

Nuryadin, M. T., & Riswan yunida. (2022). PENGARUH GROUP REFERENCES DAN BIAYA KULIAH TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN PADA MASA PANDEMI COVID- 19. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 31–34. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1281