ANALISIS PERBEDAAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN (POLIBAN) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI

Authors

  • Rinova Firman Cahyani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sutarto Hadi Universitas Lambung MAngkurat
  • Sulaiman . Universitas Lambung MAngkurat

Abstract

Ketatnya persaingan antar perguruan tinggi dan tuntutan akan tersedianya sumber daya manusia berkualitas sesuai perkembangan jaman dan dunia kerja, mendorong Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin secara profesional untuk senantiasa mening-katkan mutu pelayanan pendidikan. Kepercayaan masyarakat akan mutu yang akan diperoleh tergantung kepuasan yang dapat diberikan perguruan tinggi terhadap pelang-gannya. Perbedaan antara ekspektasi dan persepsi yang diterima menjadi ukuran bagi kepuasan mahasiswa. Aspek lain yang mempengaruhi terhadap mutu pelayanan pen-didikan adalah motivasi berprestasi.Untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan pendidikan dengan mengukur ekpektasi dan persepsi pengguna jasa yang  diberikan berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (re-liability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empha-thy).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) perbedaan ekspektasi dan persepsi, (2) perbedaan ekspektasi mahasiswa dengan motivasi berprestasi, (3) perbe-daan persepsi mahasiswa dengan motivasi berprestasi, dan (4) gambaran  tentang pela-yanan pendidikan di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin.Data dianalisis dengan: (1) analisis deskriptif (2) analisis komparatif dengan uji-t, dan (3) analisis Impor-tance dan Performance Matrix.Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin belum merasa puas terhadap pelayanan pendidikan yang diterima.  Variabel yang memiliki Importance dan Performance Matrix di atas rata-rata antara lain jumlah laboratorium cukup, dosen kompeten di bidangnya, kompetensi dosen dalam mengajar baik dan pengelolaan jurusan yang baik dan yang relatif rendah antara lain ketersediaan fasilitas umum (misal : toilet), kedisiplinan dosen dalam menga-jar, ketersediaan bahan praktikum dan ketuntasan materi pengajaran

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Cahyani, R. F., Hadi, S., & ., S. (2016). ANALISIS PERBEDAAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN (POLIBAN) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 10(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/249

Issue

Section

Articles