ANALISIS KUALITAS LAYANAN ONLINE PADA UMKM JASA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Penulis

  • Ronny Mantala Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Agus Irawan Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

UMK, E-servqual, Importance Performance Analysis

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aspek-aspek penting layanan online media sosial, mengevaluasi kinerja layanan online UMK bidang jasa dalam memenuhi harapan pelanggan, mengidentifikasi kesenjangan antara harapan dan kinerja, serta menggali potensi peningkatan kualitas layanan online media sosial melalui analisis IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Objek penelitian merupakan kualitas layanan dari media sosial UMK Jasa yang memanfaatkan sosial media dalam melakukan promosinya. Populasi penelitian ini merupakan pelanggan pada UMK Jasa kecantikan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan random purposive sampling dengan ketentuan pelanggan yang melakukan pemesanan jasa melalui media sosial Instagram. Importance-Performance Analysis (IPA) digunakan untuk membuat peringkat (rangking) bermacam-macam atribut jasa dan megidentifikasikan tindakan apa yang perlu dilakukan. Atribut-atribut jasa akan diranking berdasarkan tingkat kepentingan pelanggan dan kinerja perusahaan. Prosedur analisis dilakukan dengan pembobotan tingkat kepentingan (Importance) dan tingkat kinerja (Performance) kemudian menghitung nilai kesesuaiannya dan memasukkan kedalam diagram kartesius yang dibagi kedalam 4 kuadran.

Berdasarkan perhitungan nilai kesesuain, diperoleh hasil nilai rata-rata dari ketujuh dimensi E-Servqual adalah -0,36. Nilai ini diperoleh dengan menghitung selisih atau gap antara nilai rata-rata persepsi 3,08 dengan nilai rata-rata harapan yaitu 3,43. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas pelayanan online pada UKM Jasa masih belum mampu memberikan kepuasan dan memenuhi harapan pengguna. Dalam diagram kartesius dapat diketahui dimensi dan indikator yang termasuk pada kuadran 1 menjadi fokus utama prioritas perbaikan yaitu Responsiveness (Daya Tanggap), Contact (Kontak), Reliability (Kehandalan) dan Fullfillment (Pemenuhan)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ade Muhamad alimul basar 2015. Peranan Usaha kecil menengah (UKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kecamatan cibeureum kabupaten kuningan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Arief Rahmana . Peranan Teknologi Informasi dalam peningkatan daya saing usaha keciL menengah (Yogyakarta, Juni 2009)

Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin

Badan Pusat Statistik : Ukm Berdasarkan Kuantitas Tenaga Kerja

Dani Danuar Tri U, “Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di kota Semarang”. (Semarang, 2013)

Ekonomi Modernisasi Vol 3 no 3, Mohamad Nur Singgih . Strategi penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai refleksi pembelajaran krisis ekonomi indonesia (Oktober, 2007)

Hendra Suwardana “Revolusi Industri 4.0 berbasis Revoluisi Mental (Jurnal Vol 1 No 2 “ Hal 102-110(2017).

Hario Tamtomo, S.Ei.,M.M , Nor Qomariyah, S.HI .“Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi”

Mattway B. Miles dan A. Michael Huberman. Quallitative data analysis. London, Baverly Hills, 1984, Hal.18-21.

Metode pengumpulan data penilitian kualitatif : materi kuliah metodologi penelitian PPs UIN Maliki Malang.

Moeleong, J. 1995. Penelitian kualitatif. Bandung: Roksadaya.

Melissa Carmia Elias : Analisistrategi bersaing pada perusahaan biro perjalanan di Malang” Volume 6, No. 2, (2018) 1-6 Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya.

Muhammad Firdaus. : Dasar dan strategi pemasaran syariah (Jakarta: Renaisan,2005), hal 23

Musamba Vol 3 No 2 oktober 2018, “Pengaruh Revolusi industry pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi”.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2024

Cara Mengutip

Mantala, R., & Irawan, A. (2024). ANALISIS KUALITAS LAYANAN ONLINE PADA UMKM JASA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. INTEKNA Jurnal Informasi Teknik Dan Niaga, 24(2), 182–189. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/14589

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.