PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAIHATSU LUXIO DI MALANG (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang)

Penulis

  • Syamsudin Noor Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstrak

MPV (Multy Purpose Vehicle) Car dibagi ke dalam 3 segmen yaitu MPV low, mid, dan high.
Pembagian segmen ini berdasarkan harga dari masing-masing mobil. Dari 3 segmen ini
akan dikeluarkan 3 jenis mobil dan dimasukkan ke dalam segmen tersendiri yang
dinamakan segmen Wagon Low. Pada penelitian ini yang akan menjadi fokus utama
adalah Daihatsu Luxio dan kompetitor utamanya adalah Suzuki APV. Strategi pemasaran
yang dilakukan oleh PT. Astra yang meliputi travel, kendaraan hotel, pameran, dan
telemarketing dalam memasarkan produk Daihatsu Luxio dinilai cukup baik namun market
share dari Daihatsu Luxio masih kalah dibandingkan dengan Suzuki APV. Oleh karena itu
ditambah dengan peluang pasar yang besar maka diperlukan suatu strategi pemasaran
Daihatsu Luxio yang dapat meningkatkan pangsa pasar Daihatsu Luxio dengan
memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio serta
meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dimiliki. Dengan kriteria tersebut maka
analisis SWOT adalah metode yang tepat.
Analisis SWOT merupakan metode penelitian yang mengidentifikasi berbagai faktor secara
sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Data penelitian diperoleh dari data
primer dan data sekunder dari pihak pemasaran PT. Astra International Daihatsu Tbk. –
Daihatsu Malang dan data internal perusahaan sedangkan pengolahan data menggunakan
metode analisa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan 30 butir
pertanyaan yang dianggap mewakili variabel strength (kekuatan), weakness (kelemahan),
opportunity (peluang) dan threats (ancaman). Untuk memperoleh gambaran posisi produk
di pasaran dapat kita lihat di matrik internal eksternal.Sedangkan strategi pemasaran untuk
Daihatsu Luxio dapat dilihat pada matrik SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk berada pada koordinat 3,582 dan
3,551. Koordinat tersebut terletak pada kuadran I yang mendukung strategi pertumbuhan
dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Dari matrik SWOT dapat kita lihat strategistrategi
yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemasaran dan volume penjualan
Daihatsu Luxio yaitu meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak bank dan leasing,
menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta sumber daya perusahaan.
Diharapkan dengan strategi yang diterapkan tersebut pangsa pasar Daihatsu Luxio
meningkat dan volume penjualan dapat meningkat. Disarankan pada PT Astra International
Tbk. – Daihatsu Malang sebaiknya meninjau kembali faktor-faktor yang menjadi kelemahan
dari Daihatsu Luxio, maka kedepannya diharapkakelemahan-kelemahan tersebut dapat
berkurang sehingga kepuasan pelanggan dapat meningkat dan tentunya volume penjualan
dapat meningkat. Untuk mempertahankan posisi Daihatsu Luxio, PT Astra International
Tbk. – Daihatsu Malang hendaknya terus meningkatkan kualitas di segala bidang yang
memperngaruhi Daihatsu Luxio dari segi internal maupun eksternal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Noor, S. (2017). PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAIHATSU LUXIO DI MALANG (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang). INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 14(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/181

Terbitan

Bagian

Articles