Strategi Penetapan Tarif Sewa Ruang Konsensioner Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin

Authors

  • Riswan Yunida
  • Muhammad Teguh Nuryadin
  • Linda Permanasari
  • Akhmad Nazlianoor

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.493

Keywords:

Strategi Harga, Strategi Produk yang sudah mapan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menemukan strategi yang dapat digunakan, mengetahui dan menganalisa sistem penetapan harga sewa ruang yang digunakan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa, observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada peneilitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti mendiskrpsilan dan menggambarkan sebuah fenomena dan temuan dalam penelitian yang berkaitan dengan penetapan tarif sewa konsensioner pada Bandara syamsuddin Noor Banjarmasin. Dalam hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan adanya wacana pengembangan dan perubahan status Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi Bandara Internasional dengan status Bandara tipe A yang dengan kata lain akan dinaikan dari status sebelumnya yang hanya Bandara Domestik yang mengakibatkan banyak perusahaan lain tertarik ingin mengembangkan usahanya dengan menjadi mitra usaha PT Angkasa Pura I (Persero) dengan menyewa ruang-ruang yang tersedia di terminal Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin yang artinya PT Angkasa Pura I (Persero) perlu penetapkan dan menyesuaikan harga sewa ruang pada konsensioner terhadap pengembangan dan perubahan status bandara yang baru. Pendekatan strategi harga yang dipilih dan cocok untuk diterapkan dalam penelitian ini adalah strategi harga penetapan harga produk yang sudah mapan yaitu dengan menaikan harga tarif konsensioner yang didasarkan dari meningkatnya status bandara menjadi tipe A atau Internasional yang juga akan menambah profitabilitas dari tenant yang menyewa di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Dan pendekatan strategi Harga yang kedua jga dilakukan dalam penelitian ini yaitu strategi kepemimpinan harga yaitu dengan berubahnya status bandara menjadi internasional dan dicanangkan Bandara Syamsuddin Noor menjadi Banjadara terbesar di Kalimantan maka Bandara Syamsuddin Noor akan menjadi pemimpin pasar dan juga berimbas pada konsensioner yang ada didalamnya karena pasar sasarmn akan lebih potensial dalam menghasilkan peningkatan keuntungan bagi tenant yang menyewa dan tentunya bagi Bandara Syamsuddin Noor itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran edisi kedua belas jilid I. Jakarta: PT.Indeks.
Kusumastuti, Elisabet.(2012). Laporan Tugas Akhir. “Strategi Penetapan Harga Sewa Ruang Pada Konsensioner Di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta”, Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sugiyono, 2013. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2013. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Tim Penyusun, 2017. Buku Pedoman Penulisan Laporan Tugas Akhir. Banjarmasin: Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin.
Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

05/31/2017

How to Cite

Yunida, R., Nuryadin, M. T., Permanasari, L., & Nazlianoor, A. (2017). Strategi Penetapan Tarif Sewa Ruang Konsensioner Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 17(1), 54–57. https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.493

Most read articles by the same author(s)