EVALUASI KINERJA AKUNTABILITAS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Penulis

  • Monika Handayani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Trisna .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja Akuntabilitas Politek-nik Negeri Banjarmasin selama tahun 2006 dalam upaya mendapat gambaran yang jelas mengenai keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai target dan menjawab tuntutan visi, misi, sasaran serta tujuannya.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diolah dari hasil survey dan wawancara dengan pimpinan dan staf yang ada pada Politeknik Negeri Banjarmasin untuk menentukan bobot kinerja yang digunakan. Data se-kunder diperoleh dari buku-buku teks, tulisan-tulisan di media masa, jurnal-jurnal dan pe-raturan perundang-undangan yang berlaku saat ini berkaitan dengan masalah yang dite-liti. Alat analisis yang digunakan adalah metode Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) untuk menilai keberhasilan atau kegagalan Politeknik Negeri Banjarmasin dalam pelaksanaan kegiatan, program maupun kebijaksanaan yang telah direalisasikan. Meto-de Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan  mengenai tingkat keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan kebijaksanaan, program, kegiatan dan mekanisme akuntabilitas kinerja yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Banjarmasin.

Penelitian ini menunjukan hasil evaluasi kinerja kegiatan yang dilaksanakan terhadap 13 kegiatan, yang semuanya masuk dalam kategori sangat berhasil. Hasil Evaluasi kinerja program terhadap 3 program yang dilaksanakan semuanya masuk dalam kategori sangat berhasil. Hasil evaluasi kinerja kebijaksanaan memberikan indikasi bahwa kinerja Poli-teknik Negeri Banjarmasin pada tahun 2006 termasuk dalam kategori sangat berhasil dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran yang tercantum dalam rencana strategik, un-tuk mekanisme akuntabilitas kinerja Politeknik Negeri Banjarmasin masih ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki antara lain pada proses penyusunan renstra, isi substansi renstra, penyusunan LAKIP, keterkaitan antara . Renstra, LAKIP dan anggaran serta pe-manfaatan Renstra.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Handayani, M., & ., T. (2015). EVALUASI KINERJA AKUNTABILITAS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 13(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/135

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama