ANALISIS PENGARUH DISKON DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN PADA SEGMENTASI KONSUMEN RUNNERS DAN CYCLERS DI KEDAI KOPI MAE BANJARMASIN
Kata Kunci:
Diskon, Kualitas Produk, keputusan pembelianAbstrak
Kedai kopi merupakan salah satu tempat yang populer untuk menghabiskan waktu luang dan menjalin hubungan sosial dengan teman atau keluarga. Kedai kopi MAE Banjarmasin terletak di pusat kota Banjarmasin dan menjadi salah satu kedai kopi yang populer di kota tersebut. Toko Kopi MAE, yang terletak d Jl.A. Yani KM. 5,8 No.98, Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur, Banjarmasin. Dalam strategi menarik minat konsumen Toko Kopi MAE melakukan strategi diskon untuk segmentasi konsumen runners dan cyclers yang saat ini trending di Masyarakat Kota Banjarmasin serta memperkuat kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumennya. Dengan memaksimalkan dua variable tersebut diharapkan akan mampu menarik minat konsumen dengan intensitas persaingan industri kedai kopi yang sudah sangat menjamur di Kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh secara simultan dan parsial dari strategi diskon dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada segmentasi konsumen Runners dan Cyclers di Kedai Kopi MAE Banjarmasin. Metode penelitiaan yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunaka regeresi linier berganda menggunaka softwere SPSS for Windows dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari strategi diskon dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada segmentasi konsumen runners dan cyclers di Kedai Kopi MAE Banjarmasin. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari strategi diskon terhadap keputusan pembelian pada segmentasi konsumen runners dan cyclers di Kedai Kopi MAE Banjarmasin dan terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada segmentasi konsumen runners dan cyclers di Kedai Kopi MAE Banjarmasin.
Unduhan
Referensi
Abderahman, K. F. 2020. pengaruh Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab-Food Indonesia (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Kota Malang yang Menggunakan Aplikasi Grab-Food). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
Alfin, A. 2021. Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552
Antoni, M. Z., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Service Merek Indihome : Studi kasus pada masyarakat Kelurahan Seketeng Kabupaten Sumbawa. Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 3(1), 1-16.
Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. 2021. Peluang Bisnis di Era Covid-19. JAB (Jurnal Akuntansi & Bisnis), 6(02).
Dewi, Indri Kartika dan Andriani Kusumawati. 2018. Pengaruh Diskon terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka. Malang: Universitas Brawijaya.
Harnady, F. A., Wahono, B., & Asiyah, S. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PadaToko Prabujaya Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(08).
Maulana, R., Aryani, L., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembeli Laptop Asus di Jakarta Selatan). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 524-537.
Nggaur, Dionisius Apecilus. 2018. Pengaruh Harga, Suasana Café, dan Kualitas Pelayanan, terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator pada Café Bjongngopi Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm
Putra, Endhar Widjaya. 2016. Pengaruh Diskon terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Study pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang. Malang: Universitas Brawijaya.