Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan

Authors

  • Syifa
  • Muhammad Teguh NUryadin Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Riswan Yunida Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Novi Shintia Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rini Amelia Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/jbm.v3i1.2495

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisa Apakah Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpenaruh signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan (2) Untuk mengetahui dan menganalisa Apakah Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan dan (3) Untuk mengetahui dan menganalisa dimensi manakah dari Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk yang paling dominan dalam mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan software SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan. Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk juga berpengaruh secara Parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan, serta pengaruh yang paling dominan adalah Kualitas Pelayanan karena memiliki koefisien yang besar yaitu 0,168 atau 16,8% di antara variabel lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annes Ayuda Putri, Iwan Kurniawan Sub-agja. (2017). Pengaruh Kualitas Pe-layanan Dan Kualitas Produk Ter-hadap Kepuasan Pelanggan PT Rahman Wisata Mandiri Jakarta. Jurnal manajemen bisnis kris-nadwipayana

Dewi, Ni Luh Bella Citra, Ni Ketut Murdani, and Ni Luh Ketut Ayu Sudha Su-candrawati. Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Su-kawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Satyagraha 2.2 (2019): 110-119.

Hadi, Yusuf Mochtar, Moh Umam, and Rifqi Khairul. Pengaruh Harga Dan Kuali-tas Produk Terhadap Loyalitas Kon-sumen Dengan Keputusan Pem-belian Sebagai Variabel Mediasi Pa-da Produk Air Mineral Dzakya. Diss. IAIN Surakarta, 2018.

Johanes Gerardo Runtunuwu, Sem Oroh, Rita Teroreh. (2014). Pengaruh Kuali-tas Produk, Harga Dan Kualitas Pe-layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado.

Putri, Cyintya Pratama. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Onlin Mobile Bank-ing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Veteran Banjar-masin” Banjarmasin Jurusan Admini-tasi Bisnis Politeknik Negeri Banjar-masin.

Sulaiman, Agus. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Ter-hadap Kepuasan Pelanggan Hyper-mart Wtc Serpong. Jurnal Kompetitif Manajemen Pemasaran

Tanuwijaya, Mellisa, and Mohamad Yusak Anshori. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pipop Copy. NeO-Bis: Jurnal Neraca Berkala Ilmu Ekonomi 7.1 (2013): 1-16.

Published

31-03-2024

How to Cite

Syifa, Teguh NUryadin, M., Yunida, R., Shintia, N., & Amelia, R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pupuk Bersubsidi pada PT Pertani (Persero) Cabang Kalimantan Selatan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–37. https://doi.org/10.1234/jbm.v3i1.2495