Pengaruh Crm (Customer Relationship Management) Dan Kualitas Kerja Terhadap Omzet Penjualan Pada Pt Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin

Penulis

  • Aldamitha Fatimah Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

CRM, Kualitas Kerja, Omzet Penjualan, Galangan Kapal

Abstrak

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, sehingga transportasi laut sering digunakan, namun tidak banyak yang tau kapal harus selalu dalam keadaan layak dan memenuhi standar klasifikasi, oleh karena itu membuka peluang sektor kelautan industri galangan kapal yang mana pelanggan nya bukan masyarakat umum sehingga diperlukannya pelayanan dan kualitas terbaik dari perusahaan untuk para pelanggan melalui variabel CRM (Customer Relationship Management) dan Kualitas Kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara CRM dan Kualitas Kerja secara simultan dan parsial terhadap Omzet Penjualan.

Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, sumber data primer dan sekunder, variabel independen (CRM dan kualitas kerja) dan variabel dependen (omzet penjualan), pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis dengan Regresi Linier Berganda menggunakan software SPSS versi 21.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel CRM dan Kualitas Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Omzet Penjualan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 25,694 > 3,09, 2) Variabel CRM berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (5,114 > 1,66), sedangkan variabel Kualitas Kerja tidak berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai Thitung lebih kecil dari Ttabel (1,348 < 1,66) terhadap Omzet Penjualan, 3) Diantara variabel CRM dan Kualitas Kerja yang berpengaruh paling dominan terhadap Omzet Penjualan adalah variabel CRM dengan nilai Rpartial2 sebesar 0,212 atau 21,2% pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali Surya Saputro Hardjo. (2013). Hubungan Antara Customer Relation Management (Crm) Dan Brand Image Pt Excelcomindo pratama. https://media.neliti.com/media/publications/96923-ID-hubungan-antara-costumer-relationship-ma.pdf.

Anshari Rahman. (2019). Pengaruh customer relationship management (crm) terhadap kinerja perusahaan pada industri perbankan Indonesia.

Barlian Wijaksono, aida Vitayala Hubeis, dan imam teguh saptono. (2017). Pengaruh Kualitas Kerja Terhadap Kinerja Bank Bni Syariah Cabang Bogor. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/view/16315/12307.

Dewi Purnama Indah dan Devie. (2013). Analisa Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan. https://media.neliti.com/media/publications/185086-ID-analisa-pengaruh-customer-relationship-m.pdf.

Indonesia Maritime Blog Informations. (2019). http://blog.docking.id/pengertian-galangan-kapal-atau-shipyard/.

Job Disc Gal Banjarmasin Edited PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin.

Rani Nurwanti, dan Ir. Triwilaswandio Wuruk Pribadi. (2016). Analisa Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Reparasi Kapal Di Galangan Kapal Jawa Timur. https://media.neliti.com/media/publications/213018-analisa-peningkatan-kualitas-layanan-jas.pdf.

Sudarsono, Heri. 2020. Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Cetakan I. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.

Shinta Ir. Agustina, M.P. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan I. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Wisanti Junita Purbo. (2016). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Pada Kantor JNE Kota Salatiga Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/13767/1/T1_682012026_Full%20text.pdf

Yuliani Widi. (2013). Pengaruh Kualitas Kerja, Pengawasan Kerja Dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt Pasar Raya Sri Ratu Semarang.

http://agusfirnanda.blogspot.com/2011/10/pr-crm-customer-relationship-management.html.

https://dkb.co.id/tentang-kami/

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ayo-mengenal-galangan-kapal-lebih-dekat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01

Cara Mengutip

Fatimah, A. (2022). Pengaruh Crm (Customer Relationship Management) Dan Kualitas Kerja Terhadap Omzet Penjualan Pada Pt Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 26–33. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1316