Strategi Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Dermaga Angkutan Penumpang PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimantan
DOI:
https://doi.org/10.1234/bima.v3i2.14556Keywords:
Meningkatkan Kepuasan, Pelayanan Prima, StrategiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) ntuk mengetahui strategi pelayanan prima yang diterapkan terminal angkutan penumpang di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimanta (2) ntuk mengetahui strategi pelayanan prima yang tepat agar dapat meningkatkan pendapatan dermaga angkutan penumpang di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimantan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan masalah yang dihadapi, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada dermaga angkutan penumpang PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimantan masih kurang maksimal ditemukan adanya ketidakpuasan penumpang seperti kualitas pelayanan yang tidak sesuai membuat penumpang merasa kecewa dan ketidak puasan mengakibatkan berkurangnya pendapatan, hal tersebut mengakibatkan penumpang merasa kecewa dan ketidakpuasan penumpang terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk mengatasi hal tersebut dermaga angkutan penumpang PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimantan hendaknya meningkatkan kualitas pelayanan dengan mendasari dimensi pelayanan prima yang mencakup Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Seperti pegawai menyamaratakan penumpang, pegawai bersikap baik terhadap penumpang, melengkapi atribut pegawai, memberikan penjelasan dengan rinci dan mudah dimengerti, melakukan pelayanan dengan cepat, memberikan jaminan agar penumpang percaya terhadap pelayanan yang diberikan.
Downloads
References
Bahar, F., Indra, M., & Ilyas, F. (2016). Kepuasan customer studi kasus pt pelindo iv.
Dalame, N., & Rustam, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pelabuhan Batu Ampar Di Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 218–227.
Frimayasa Manjemen Administrasi Akademi Manajemen dan Sekertari BSI Jakarta Jl Jatiwaringin Raya, A. (2017). Konsep Dasar Dan Strategi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Perusahaan Telekomunikasi Indosat Ooredo. XVII(1), 65–71.
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance, 44(1), 44–56.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317.
Pratiwi, L. B., & Sugiharto. (2021). Efektivitas Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1), 75–99.
Putri, F. S. (2022). Implementasi Pelayanan Prima Dengan Konsep a6 Pada Pemasaran Security Summit 2018. Jurnal Bisnis Event, 3(10), 39–44.
Rohmatul Ula, V., Ahsanul Hayat, A., & Ahmad Dahlan Lamongan, I. (2021). Meningkatkan Kepuasan Pasien melalui Pelayanan Prima dan Trust Pasien. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 37(1), 46–56.
Silvia, F. (2018). Pelayanan Prima dan Kepuasan Pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negata (KPPN) Makassar II. Pelayanan Prima Dan Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II, 1–12. https://core.ac.uk/display/160497369