Desain Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Lely Cake Banjarbaru

Penulis

  • Anisa Nur Fitria Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rinova Firman Cahyani Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran Digital, Media Sosial Instagram

Abstrak

Lely Cake Banjarbaru merupakan home industry yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan roti dan kue sejak tahun 2019. Usaha tersebut selalu memberikan pelayanan yang memuaskan dengan kualitas yang terjangkau, tapi masih kurang dalam strategi pemasaran, sehingga pelanggan hanya mencakup orang-orang terdekat. Besarnya potensial digital marketing tak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran yang saat ini diterapkan pada Lely Cake Banjarbaru, dan (2) ntuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial instagram yang tepat pada Lely Cake Banjarbaru.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital merupakan hal penting pada Lely Cake Banjarbaru dalam pengelolaan digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Strategi digital marketing yang perlu diterapkan dan dimaksimalkan adalah sosial media marketing. Guna meningkatkan jangkauan brand engagement yang lebih luas pada Lely Cake Banjarbaru melalui media sosial instagram dapat dilakukan dengan cara pemilihan platform, profil akun instagram yang unik dan menarik, sajikan konten menarik, berbagai macam bentuk konten instagram, kelola konten dan jadwal, gunakan hastag yang sesuai dan relevan, ambil customer produk pesaing, dan tingkatkan interaksi dengan customer.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Erlangga. 2020. “Strategi Pemasaran Menggunakan Website dan Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Mebel Fur El”. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Fernanda, M. R. 2019. “Optimalisasi Internet Digital Marketing pada Ud.Akrab Setia Brand Product Mr.Acan Menggunakan Media Instagram Guna Memperluas Jangkauan Keterkenalan Brand”. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Putri, N.A. 2016. “Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking”. Surabaya: Universitas Ciputra Surabaya.

Wulandari, T. P. 2020. “Strategi Ingrated Digital Marketing pada Anna Nanashop Banjarbaru”. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Untari, Dewi & Dewi Endah Fajariana. 2018. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi deksriptif pada akun @Subur_Batik)”. Jurnal Sekretaris dan Manajemen Vol.2 No.2 September 2018.

Karvien. 2019. “Analisis Strategi Pemasaran dan Implementasi E-Marketing Usaha Keripik Pisang Lapis Lumer Melte Vanana Kota Bandar lampung Skripsi”. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Prayudi, Dicki. 2016. “Rancangan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Pelatihan Pendidikan Non Formal Skiripsi”. Bandung: Universitas Pasundan.

Rahmani, The. 2016. “Penggunaan Media Sosial sebagai Penguasaan Dasar-dasar Fotografi Ponsel Skiripsi”. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sufullah, Muhammad dan Maria Ulfah Siregar. 2019. “Pengungkapan Diri Gofar Hilman sebagai Influencer Melalui Media Instagram”. Jurnal Pustaka Komunikasi Vol.2 No.2 September 2019 Hal. 167-180.

Oktaviani Pratiwi, Dwi. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Fashion Secara Online Pada Pelanggan Mataharimall.com di Kota Bengkulu Perspektif Ekonomi Islam Skiripsi”. Bengkulu: Institut Agma Islam Negeri.

https://sarjanaekonomi.co.id/strategi-pemasaran/

https://docplayer.info/80335358-Bab-2-landasan-teori-proses-di-mana-perusahaan-menciptakan-nilai-bagi-pelanggan-dan-membangun.html

https://www.pahlevi.net/kelebihan-dan-kekurangan-instagram/

https://materibelajar.co.id/pengertian-website-menurut -para-ahli/

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01

Cara Mengutip

Nur Fitria, A., & Firman Cahyani, R. (2022). Desain Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Lely Cake Banjarbaru. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 49–53. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1317