ANALISIS PENGARUH TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP BRAND IMAGE PADA RESTORAN A&W DI BANJARMASIN

Authors

  • Risnawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Rina

Keywords:

kemudahan penggunaan, promosi, Kepercayaan Pelayanan, kepuasan penggunaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh targeting (X1) dan positioning (X2) terhadap brand image pada Restoran A&W di Banjarmasin. Metode pengambilan data menggunakan pendekatan eksplanatori melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan SPSS. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode propability sampling, yaitu sample random sampling, teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi tiap unsur populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Analisis regresi linear berganda variabel targeting dan variabel positioning terhadap variabel brand image menunjukkan nilai R = 0,544 yang artinya hubungan targeting dan positioning terhadap brand image adalah sebesar 54,4%. Uji F dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas yaitu targeting dan Positioning terhadap variabel terikat yaitu brand image secara bersama-sama atau simultan, nilai Fhitung 18,507 >= Ftabel 3,10 yang berarti variabel bebas berupa targeting  dan positioning berpengaruh secara signifikan terhadap brand image.

Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu targeting dan Positioning terhadap variabel terikat yaitu brand image secara parsial, nilai t hitung 2,340 >= t tabel 1,987 yang berarti targeting berpengaruh secara parsial terhadap brand image, sedangkan nilai t hitung 5,164 >= t tabel 1,987 yang berarti positioning berpengaruh secara parsial terhadap brand image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan targeting terhadap brand image pada Restoran A&W di Banjarmasin, ada pengaruh signifikan positioning terhadap brand image pada Restoran A&W di Banjarmasin, ada pengaruh signifikan targeting dan positioning terhadap brand image pada Restoran A&W di Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, P. & K. L. Keller. 2016. Marketing Management. Edisi 15. Pearson Pretice Hall, New Jersey.

Manap, A. 2023. Analisis Pengaruh Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Kotenshu Cibinong Bogor. Jurnal Manajemen Diversitas. Vol 3. No.1.

Tjiptono, F. 2014. Branding dan Brand Longevity di Indonesia. Penerbit Andi: Yogyakarta.

jiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Widodo, H. P. & M. Maryama. 2021. Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning dalam Membentuk Brand Image Kafe Pan Java. Jurnal Komunikasi Nusantara. Vol 3. No. 2.

Wijayanti, T. 2017. Marketing Plan Dalam Bisnis. Edisi 2. PT. Elex Media Kompotindo: Jakarta

Published

05/30/2024

How to Cite

Risnawati, & Rina. (2024). ANALISIS PENGARUH TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP BRAND IMAGE PADA RESTORAN A&W DI BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 24(1), 48–54. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/2394