PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY
Kata Kunci:
Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Pelayanan, Kepuasaan PenggunaanAbstrak
Penelitian ini menyelidiki pengaruh promosi, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan layanan terhadap kepuasaan pengguna Shopeepay di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel sebanyak 85 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik responden pengguna e-wallet ShopeePay di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan penggunaan dan persepsi kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasaan Penggunaan Shopeepay, sedangkan hasil penelitian pada promosi menunjukan bahwa promosi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasaan Penggunaan Shopeepay.
Unduhan
Referensi
Davis Gordon.1989. Karangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta Pusat: PT Pustaka Binaman Presindo.
Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Falah, Muhammad N. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan kembali Shopeepay di Kota Malang saat Pandemi Covid 19. Jurnal Imiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol 9. No 2.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Geddes J, Price J, McKnight R. 2012.. .Psychiatry. Oxford University Press.
Ghazali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro: Semarang.
Imasari, Kartika. 2010. Pengaruh media periklanan terhadap pengambilan keputusan siswa SMU untuk mendaftar di Universitas Kristen Maranatha. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol.17. No.2. Hal 113.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler & Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. USA: Prentice Hall.
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. 2012. Marketing Management. USA: Prentice Hall.
Kotler & Keller. 2016. Marketing Managemen. London: Pearson Education.
Kotler & Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. (Bob Sabran, MM, terjemahan). Jakarta: Erlangga.