OPTIMALISASI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM INDUSTRI FASHION MUSLIM : STUDI STRATEGI KONTEN DAN KETERLIBATAN MEREK PREMIUM DAN EKONOMIS DI INSTAGRAM
Kata Kunci:
keterlibatan, instagram, fashion muslimAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan konten, jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan (likes dan komentar) di antara pengikut merek fashion Muslim ekonomis dan premium di Instagram serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa jumlah konten yang diupload, jumlah pengikut, rata-rata likes dan rata-rata komentar dari 20 merek fashion muslim ekonomis dan 20 merek fashion muslim premium. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t untuk membandingkan perbedaan antara kedua kelompok merek dan analisis regresi untuk mengevaluasi pengaruh variabel seperti jumlah unggahan media, jumlah pengikut, rata-rata likes, dan rata-rata komentar terhadap tingkat keterlibatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengikut merek ekonomis memberikan lebih banyak komentar dibandingkan pengikut merek premium, sementara variabel seperti jumlah pengikut, rata-rata likes, dan rata-rata komentar memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat keterlibatan, sedangkan frekuensi unggahan media tidak berpengaruh secara signifikan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kualitas konten dan interaksi dalam meningkatkan keterlibatan pengikut
Unduhan
Referensi
1. Amalia, I. (2022). Komodifikasi nilai Islam sebagai alat promosi busana Muslim di Instagram. Living Islam, 5(2). https://doi.org/10.14421/lijid.v5i2.3806
2. Amani, A., Aqeel, H., Muhammad, H., & Al-Hazmi, S. (2021). Marketing strategies for content analysis of luxury brands on the social media platform (Instagram). International Design Journal, 11(4). https://doi.org/10.21608/IDJ.2021.152355
3. Andriansyah, T., & Karsa, S. I. (2018). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi Screamous Clothing. Jurnal Riset Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.29313/.v0i0.9536
4. Annisa, R., Beta. (2021). Out of thin air: emerging Muslim fashion entrepreneurs and the spectre of labour in Indonesia. Continuum: Journal of Media & Cultural Studies, doi: 10.1080/10304312.2021.1993569
5. Apriantika, S. (2023). Religiosity versus class existence: Indonesian Muslim middle class fashion consumption on Instagram. Simulacra, 6(1). https://doi.org/10.21107/sml.v6i1.19034
6. Ashok, G., Mahendar, G. (2022). Factors affecting youth engagement on instagram mobile app. Journal of management and science, doi: 10.26524/jms.12.4
7. Azka Muthia Hidayat. (2022). The Effect of Post Content Type on Online Engagement. International Journal of Business and Technology Management, doi: 10.55057/ijbtm.2022.4.3.10
8. Buzo, Adrian. (2022). Islamic Fashion. doi: 10.4324/9781003044659-27
9. Carlos, L., Arteaga. (2022). Does the Number of Likes Affect Adolescents’ Emotions? The Moderating Role of Social Comparison and Feedback-Seeking on Instagram. The Journal of Psychology, doi: 10.1080/00223980.2021.2024120
10. Carmen, Balan. (2017). Does brand posting behaviour influence follower engagement on Instagram. doi: 10.1515/PICBE-2017-0073
11. Faridah, Hj, Hassan., Puspa, Melati, Binti, Kasi., Nurul, Alia, Binti, Shaharuddin., Mohd, Firdaus, Bin, Awang, Kechil. (2019). Islamic and modest fashion lifestyle.
12. Ita, Rohmawati. (2023). Analisis strategi pemasaran melalui media sosial instagram dalam perspektif ekonomi Islam. Serambi, doi: 10.36407/serambi.v4i3.772
13. Jianghua, Huang., Changjian, Wang., Majing, Su., Qiong, Dai., Zakirul, Alam, Bhuiyan. (2018). Inspecting Influences on Likes and Comments of Photos in Instagram. doi: 10.1109/SMARTWORLD.2018.00168
14. Labika, Yuyun, Erdiyana., Istyakara, Muslichah., Rika, Mulia., Alldila, N., A., Setyaning. (2022). Social Media Influencers’ Role on Brand Engagement, Value, and Consumers' Intention to Buy Muslim Fashion. Jurnal Bisnis, doi: 10.18196/jbti.v13i1.14453
15. Marija, Vorkule. (2023). Impact of the Type of a Post on the Engagement Rate of It. Media i Spoleczenstwo, doi: 10.22364/ms22.1516. Maurício, Machaim, Franco. (2022). Analisis Perbedaan Tingkat Online Engagement Antara Tipe Dan Waktu Post Pada Akun Instagram Klien Kenalkan.Co Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul (e-journal), doi: 10.54144/jadbis.v10i1.6577
17. Monacho, Benny Chandra, Y. Slamet . 2023. The Effect of Influencer Engagement Rate in Increasing Followers of Instagram Official Account . Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication . https://doi.org/10.17576/jkmjc-2023-3902-21
18. Novianto., Y, H, Suprianto., R, A, P, Singgih., Jonathan., A, H, Gunadi., Y, P, Wibisono. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi. GIAT Teknologi untuk Masyarakat, doi: 10.24002/giat.v1i2.5975
19. Ramajeyam, Gopalraj., David, M., Wendt. (2009). User engagement during large file uploads.
20. Samreen, Ashraf., Asmah, Mansur, Williams., Jeffery, P., Bray. (2022). Female Muslim identity and modest clothing consumption in the UK. Journal of Islamic Marketing, doi: 10.1108/jima-05-2021-0167
21. Sasiana, Apriantika. (2023). Religiosity versus class existence: Indonesian Muslim middle class fashion consumption on Instagram. Simulacra, doi: 10.21107/sml.v6i1.19034
22. Wies, Simone; Bleier, Alexander; Edeling, Alexander.2022. Finding Goldilocks Influencers: How Follower Count Drives Social Media Engagement. Journal of Marketing. https://doi.org/10.1177/00222429221125131
23. Syahrul, Hidayanto., Moh, Rifaldi, Akbar. (2022). Orientalism and western hegemony in fashion brand's social media advertisements. Bricolage, doi: 10.30813/bricolage.v8i1.3212
24. Waninger, K. (2015). The veiled identity: Hijabistas, Instagram, and branding in the online Islamic fashion industry. Journal of Islamic Marketing, 6(3).
25. Zainab, Arab. (2022). ‘When Have Dolce and Gabbana Ever Cared about the Hijab?’ Social Media, Fashion and Australian Muslim Women’s Perceptions and Expression of Hijab. Religions, doi: 10.3390/rel13111115