FUNGSI HASANAH CARD PERSFEKTIF MAQASID SYARIAH

Penulis

  • Muhammad Yassir Fahmi Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi karena masih banyaknya bank belum mengeluarkan produk kartu kredit. Di antara banyaknya alasan dan faktor keengganan mengeluarkan produk kartu kredit kebanyakan perbankan syariah adalah karena kartu kredit bisa menjadikan masyarakat muslim menjadi konsumtif, boros dan tidak produktif yang tidak sesuai dengan ajaran Islam tentang etika dan akhlak. Oleh karena itu,  Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fungsi-fungsi iB Hasanah card (kartu kredit syariah BNI) sesuai dengan maqasid al syariah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan análisis kualitatif yaitu menggambarkan fungsi-fungsi kartu kredit dan mamfaat-mamafaatnya ke-mudian di análisis secara induktif dengan teori maqasid al syariah. Data penelitian ini di-kumpulkan dengan teknik observasi partisipan, wawancara, dokumentasi dan kepustaka-an. Setelah melakukan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa dari fungsi-fungsi kartu kredit, iB Hasanah card sesuai dengan maqasid syariah, yaitu maqasid dharuriyyah dan maqasid hajjaiyyah.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menambah wa-wasan bagi masyarakat mengenai kartu kredit syariah khususnya fungsi-fungsi penggu-naan iB hasanah card berdasarkan persfektif maqasid al syariah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Fahmi, M. Y. (2015). FUNGSI HASANAH CARD PERSFEKTIF MAQASID SYARIAH. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 13(1). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/114

Terbitan

Bagian

Articles