ANALISIS STRATEGI CONTENT TRAFFIC PRESELL MONETIZE (CTPM) DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
Kata Kunci:
CTPM, Strategi Marketing, Media SosialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap strategi CTPM model pada UMKM yang bergerak dalam sektor jasa. Dengan fokus pada UMKM jasa, penelitian ini akan menggali bagaimana penerapan strategi CTPM dapat mempengaruhi kinerja bisnis, terutama dalam hal meningkatkan visibilitas produk, meningkatkan jumlah pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini diambil dari UMKM yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui riset dilapangan yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan pelaku usaha. Kemudian dilakukan analisis menggunakan pendekatan CTPM Model. Dari penelitian yang dilakukan terhadap strategi CTPM yang diterapkan UMKM ada beberapa rekomendasi pada aspek-aspek yang belum dilaksanakan agar penjualan yang didapatkan bisa lebih optimal untuk meningkatkan daya saing UMKM. Aspek-aspek yang perlu dilaksanakan lebih lanjut aspek traffic, presell dan monetize. Hasil dan rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM, dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang aspek-aspek yang perlu diterapkan untuk meningkatkan penjualan
Unduhan
Referensi
Ade Muhamad alimul basar 2015. Peranan Usaha kecil menengah (UKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kecamatan cibeureum kabupaten kuningan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Arief Rahmana . Peranan Teknologi Informasi dalam peningkatan daya saing usaha keciL menengah (Yogyakarta, Juni 2009)
Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin
Badan Pusat Statistik : Ukm Berdasarkan Kuantitas Tenaga Kerja
Dani Danuar Tri U, “Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di kota Semarang”. (Semarang, 2013)
Ekonomi Modernisasi Vol 3 no 3, Mohamad Nur Singgih . Strategi penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai refleksi pembelajaran krisis ekonomi indonesia (Oktober, 2007)
Hendra Suwardana “Revolusi Industri 4.0 berbasis Revoluisi Mental (Jurnal Vol 1 No 2 “ Hal 102-110(2017).
Hario Tamtomo, S.Ei.,M.M , Nor Qomariyah, S.HI .“Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi”
Mattway B. Miles dan A. Michael Huberman. Quallitative data analysis. London, Baverly Hills, 1984, Hal.18-21.
Metode pengumpulan data penilitian kualitatif : materi kuliah metodologi penelitian PPs UIN Maliki Malang.
Moeleong, J. 1995. Penelitian kualitatif. Bandung: Roksadaya.
Melissa Carmia Elias : Analisistrategi bersaing pada perusahaan biro perjalanan di Malang” Volume 6, No. 2, (2018) 1-6 Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya.
Muhammad Firdaus. : Dasar dan strategi pemasaran syariah (Jakarta: Renaisan,2005), hal 23
Musamba Vol 3 No 2 oktober 2018, “Pengaruh Revolusi industry pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi”.