APLIKASI ANDROID KONSEP GAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA SMPN 27 BANJARMASIN

Konsep Gaya

Authors

  • Ikna Urwatul Wusko Universitas Sari Mulia
  • Muhammad Zulfadhilah Universitas Sari Mulia

Keywords:

Pengembangan media pembelajaran, aplikasi android

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan pada saat ini sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan penggunaan media pembelajaran secara online terlebih pada masa pandemic Covid 19 ini. Ini menunjukkan bahwa dunia pendidikan harus harus berinovasi dengan  melakukan kolaborasi dengan beberapa disiplin llmu.  Hal ini yang mendasari untuk membuat suatu aplikasi yang bisa membantu dalam penyampaian pembelajaran yang dianggap sulit dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Pengujian Aplikasi ini dilakukan kepada 40 responden siswa SMP, 1 orang guru mata pelajaran IPA. Pembuatan simulasi media pembelajaran ini membantu dalam pemahaman konsep dari gaya. Hasil yang diperoleh setelah penggunaan aplikasi konsep gaya berbasis android ini sangat membantu siswa dalam memahami pembelajaran IPA dengan materi gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mariko S dan Andri. 2018. Perancangan Software Aplikasi Berbasis Android untuk Menghitung Variabel Fisika Listrik dan Magnet. J. Pendidikan Teknik Elektro. 03(01):17-25

Istyowati A, Kusairi S, dan Handayanto, SK. 2017. Analisis Pembelajran dan Kesulitan siswa SMA Kelas XI Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Prosiding Seminar Nasional III Universitas Muhammadiyah Malang. Tersedia pada:http://researchreport.umm.ac.id/index.php/

Sunarto W, Sumarni W, dan Suci E. 2008. Hasil belajar kimia siswa dengan model Pembelajaran metode think-pair-share dan metode Ekspositori. J.Inovasi Pendidikan Kimia 2(1):244–9.

Yulisal, D. & Alimufi, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kalor dan Perpindahan Kalor siswa SMP kelas VII dengan menggunakan Gadget Android. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02): 13-15

Sutabri T. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. 1st ed. Sahala A, Wibowo S, editors. Yogyakarta: CV. Andi Offset; 126 p.

Ismalaranti, D., Wiyanto, I. & Akhlis. 2014. Efektivitas Pembelajaran Fisika Melalui Media Animasi dan LKS mandiri pada siswa SMA. Unnes Physics Education Journal,3(1): 36-39.

Muslina, Halim A, dan Khaldun I. 2017.Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring dan Katrol di SMA Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA(JIPI). 1(1); 64-72 tersedia pada www.jurnal.unsyiah.ac.id/jipi.

Samudra G.B, Suastra I.W, dan Suma K. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarajana Universitas Pendidikan Gabesha Program Studi IPA. Vol 4.

Zulfadhilah M, dan Hidayah N. 2019. Aplikasi Penyusunan Ikatan Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edik Informatika. Vol. 6 no. 1 Hal: 37-44.Tersedia pada: http://ejournal.stkip-pgrisumbar.ac.id/index.php/eDikInformatika/article/view/3690/pdf.

Saripudin A, Dede RK, dan Suganda A. 2009. Praktis Belajar Fisika 1 untuk kelas X SMA/MA, Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Published

05/31/2022

How to Cite

Wusko, I. U., & Zulfadhilah, M. . (2022). APLIKASI ANDROID KONSEP GAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA SMPN 27 BANJARMASIN: Konsep Gaya. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 1–8. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1265