Pengaruh Customer Experience Dan Cash Back Terhadap Keputusan Konsumen Bertransaksi Melalui E’commerce Tokopedia Pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 Di Kota Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v7i2.975Kata Kunci:
Customer Experience, Cash back, Tokopedia, Covid 19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah Customer Expereience dan Cash Back berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda dengan bantuan softwere SPSS yang menganalisa dari data primer berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan metode stratified judgment sampling kepada masyarakat kota Banjarmasin yang aktif bertransaksi melalui marketplace. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pegaruh yang signifikan secara simultan dari Customer Experience dan Cash Back terhadap Keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin. Sedangkan secara parsial hanya variabel Customer Experience yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin .
Kata kunci : Customer Experience, Cash Back, Tokopedia, covids 19
Unduhan
Referensi
F. Tjiptono, D. Arli, and T. S. D. R. Rosari, “Assessing Brand Origin Recognition Accuracy and its Antecedents in a Developing Country,†J. Promot. Manag., vol. 21, no. 6, pp. 631–648, Nov. 2015.
C. Meyer, A. S.-H. business review, and undefined 2007, “Understanding customer experience,†idcexed.com, [Online]. Available: https://idcexed.com/wp-content/uploads/2021/01/Understanding_Customer_Experience.pdf.
B. Schmitt, Experiential marketing. 2000.
B. Schmitt, “Experiential Marketing: A New Framework for Design and Communications,†Des. Manag. J. (Former Ser., vol. 10, no. 2, pp. 10–16, Jun. 2010, doi: 10.1111/J.1948-7169.1999.TB00247.X.
B. Schmitt, “Experiential Marketing,†J. Mark. Manag., vol. 15, no. 1–3, pp. 53–67, Apr. 1999.
D. Arli, F. Tjiptono, and W. Winit, “Consumer ethics among young consumers in developing countries: A cross national study,†Soc. Responsib. J., vol. 11, no. 3, pp. 449–466, Aug. 2015.
D. Arli, F. Tjiptono, and R. Porto, “The impact of moral equity, relativism and attitude on individuals’ digital piracy behaviour in a developing country,†Mark. Intell. Plan., vol. 33, no. 3, pp. 348–365, May 2015.
B. Simamora, Panduan riset perilaku konsumen. 2002.
D. Durianto, Sugiarto, and L. J. Budiman, Brand Equity Ten. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.
D. Darmadi and T. S. Sugiarto, Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
P. Azhari, R. R.- eProceedings, and undefined 2016, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kafe Nom Nom Eatery Bandung,†… .telkomuniversity.ac.id, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3200.
P. Kotler and K. Lane Keller, Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall, 2011.
P. Kotler, “Principles of marketing,†p. 954, 2005.
L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Customer Behaviour, Eight Edit. Pearson Educational International, 2004.
L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks Puri Media Kembangan, 2008.
S. Santoso, Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Teguh Nuryadin, Padli Padli, Hairul Anwar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.