Perancangan Learning Management System Menggunakan Object Oriented Design Pada STMIK Widya Cipta Dharma

Penulis

  • Ronny Faslah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Bagus Satria Magister Teknik Informatika, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Yohakim Benedictus Samponu Magister Teknik Informatika, Universitas AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.399

Kata Kunci:

object oriented design, learning management system, blended learning

Abstrak

Sebagai salah satu perguruan tinggi komputer terbaik di Kalimantan Timur, STMIK Widya Cipta Dharma (STMIK WICIDA) selalu melakukan berbagai pengembangan dalam proses belajar mengajar. Salah satu inovasi yang dirintis adalah penerapan konsep Blended Learning (pembelajaran terpadu) yaitu proses pembelajaran yang menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional. Sehingga  proses belajar mengajar tidak hanya terjadi secara nyata di kelas, tapi juga di ruang kelas virtual tempat dosen dan mahasiswa terpisah secara fisik.

Untuk mendukung hal tersebut, STMIK WICIDA berupaya membangun Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dapat mengakses sumber belajar dan evaluasi pembelajaran online seperti forum, kuis, tugas, dan materi ajar. Sedangkan dosen dapat melakukan pengelolaan kelas, sumber belajar, dan melihat laporan perkembangan pembelajaran mahasiswa.

Paper ini bertujuan untuk memberikan solusi perancangan Learning Management System menggunakan pendekatan object oriented design yang dapat mendukung proses pembelajaran terpadu tersebut. Sistem yang diusulkan ini adalah model object oriented design learning management system yang dirancang untuk mendukung pembelajaran tatap muka konvensional

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dawgotra, P. (2015). Object-Oriented Design of Small Scale Learning Management System. International Journal of Innovative Research in Technology & Science(IJIRTS) , 38 - 42.

Dennis, A., Wixom, B. H., & Roth, R. M. (2009). System Analysis and Design 5th Edition. John Wiley and Sons.

Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2005). Systems Analysis and Design with UML Version 2.0. John Wiley and Sons.

El-Mowafy, A., Kuhn, M., & Snow, T. (2013). Blended learning in higher education: Current and future challanges in surveying education. Issues in Educational Research , 132 - 150.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2007). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. San Francisco: John Wiley and Sons.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Diterbitkan

2017-07-08