Perancangan Learning Management System Menggunakan Object Oriented Design Pada STMIK Widya Cipta Dharma
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.399Kata Kunci:
object oriented design, learning management system, blended learningAbstrak
Sebagai salah satu perguruan tinggi komputer terbaik di Kalimantan Timur, STMIK Widya Cipta Dharma (STMIK WICIDA) selalu melakukan berbagai pengembangan dalam proses belajar mengajar. Salah satu inovasi yang dirintis adalah penerapan konsep Blended Learning (pembelajaran terpadu) yaitu proses pembelajaran yang menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional. Sehingga proses belajar mengajar tidak hanya terjadi secara nyata di kelas, tapi juga di ruang kelas virtual tempat dosen dan mahasiswa terpisah secara fisik.
Untuk mendukung hal tersebut, STMIK WICIDA berupaya membangun Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dapat mengakses sumber belajar dan evaluasi pembelajaran online seperti forum, kuis, tugas, dan materi ajar. Sedangkan dosen dapat melakukan pengelolaan kelas, sumber belajar, dan melihat laporan perkembangan pembelajaran mahasiswa.
Paper ini bertujuan untuk memberikan solusi perancangan Learning Management System menggunakan pendekatan object oriented design yang dapat mendukung proses pembelajaran terpadu tersebut. Sistem yang diusulkan ini adalah model object oriented design learning management system yang dirancang untuk mendukung pembelajaran tatap muka konvensional
Unduhan
Referensi
Dennis, A., Wixom, B. H., & Roth, R. M. (2009). System Analysis and Design 5th Edition. John Wiley and Sons.
Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2005). Systems Analysis and Design with UML Version 2.0. John Wiley and Sons.
El-Mowafy, A., Kuhn, M., & Snow, T. (2013). Blended learning in higher education: Current and future challanges in surveying education. Issues in Educational Research , 132 - 150.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2007). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. San Francisco: John Wiley and Sons.
Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.