Analisis Antrian Model Multi Channel - Single Phase Dan Optimalisasi Layanan Akademik (Studi Kasus Pada STMIK ASIA Malang)
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.396Kata Kunci:
Sistem Antrian, Multi Chanel-Single, Poisson, FIFO, EksponentialAbstrak
Antrian merupakan hal penting dalam manajemen operasi. Sistem antrian bisa diketemukan pada sektor industri maupun sektor jasa. Antrian bisa barisan orang atau barang yang menunggu untuk dilayani dan meninggalkan barisan setelah dilayani.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan perguruan tinggi sehubungan dengan berapa cepat pemenuhan kebutuhan mahasiswa dibidang akademik.
Hasil menunjukkan bahwa model jenis antrian pelayanan akademik yang digunakan di STMIK ASIA Malang adalah jenis antrian model Multi Channel - Singel Phase dengan menerapkan disiplin antrian yaitu First In – First Out (FIFO) . Pola kedatangan mahasiswa mengikuti distribusi poisson dengan nilai 15 mahasiswa/jam dan pola pelayanan berdistribusi eksponential dengan nilai rata-rata 17 mahasiswa/jam. Dari pengujian didapatkan tingkat intensitas pelayanan 88% sedangkan 12% untuk istirahat, jumlah rata-rata mahasiswa yang dalam sistem 7.5, jumlah mahasiswa yang menunggu dalam antrian untuk dilayani 6.6, waktu yang digunakan mahasiswa selama dalam sistem (menunggu untuk dilayani) 15 menit, waktu yang diharapkan oleh setiap mahasiswa untuk menunggu dalam antrian 13.4 menit. Jumlah optimal pegawai dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa adalah dengan melakukan penambahan 1-2 pegawai, maka waktu tunggu dalam sistem yang awalnya 30 menit menjadi 10 menit dan waktu tunggu dalam antrian yang awalnya 13.4 menit menjadi 5.38 menit.
Unduhan
Referensi
Edwin, B.J., & Angwarmasse, W. (2012). Model Antrian Fifo (First-In First-Out) Pada Pelayanan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Janabadra Berbasis Multimedia, JURNAL TEKNIK VOL. 2 NO. 2 , Yogyakarta.
Heizer, J., & Render, B. (2005). Operation Management (Manajemen Operasi) 7th edition. th7ed., Prentice Hall, New Jersey.
Heizer, J., & Render, B. (2005). Operation Management (Manajemen Operasi) Edisi Ketujuh. Penerbit Salemba. Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1). Jilid. Erlangga, Jakarta.
Fandy, T., (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, CV.Andi Offset, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.