Analisis Antrian Model Multi Channel - Single Phase Dan Optimalisasi Layanan Akademik (Studi Kasus Pada STMIK ASIA Malang)

Authors

  • Sunu Jatmika
  • Broto Poernomo Tri Prasetyo STMIK ASIA MALANG

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.396

Keywords:

Sistem Antrian, Multi Chanel-Single, Poisson, FIFO, Eksponential

Abstract

Antrian merupakan hal penting dalam manajemen operasi. Sistem antrian bisa diketemukan pada sektor industri maupun sektor jasa. Antrian bisa barisan orang atau barang yang menunggu untuk dilayani dan meninggalkan barisan setelah dilayani.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan perguruan tinggi sehubungan dengan berapa cepat pemenuhan kebutuhan mahasiswa dibidang akademik.

Hasil menunjukkan bahwa model jenis antrian pelayanan akademik yang digunakan di STMIK ASIA Malang adalah jenis antrian model Multi Channel - Singel Phase dengan menerapkan disiplin antrian yaitu First In – First Out (FIFO) . Pola kedatangan mahasiswa mengikuti distribusi poisson dengan nilai 15 mahasiswa/jam dan pola pelayanan berdistribusi eksponential dengan nilai rata-rata 17 mahasiswa/jam. Dari pengujian didapatkan tingkat intensitas pelayanan 88% sedangkan 12% untuk istirahat, jumlah rata-rata mahasiswa yang  dalam sistem 7.5, jumlah mahasiswa yang menunggu dalam antrian untuk dilayani 6.6, waktu  yang digunakan mahasiswa selama dalam sistem (menunggu untuk dilayani) 15 menit, waktu yang diharapkan oleh setiap mahasiswa untuk menunggu dalam antrian 13.4 menit. Jumlah optimal pegawai dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa adalah dengan melakukan penambahan 1-2 pegawai, maka waktu tunggu dalam sistem yang awalnya 30 menit menjadi 10 menit dan waktu tunggu dalam antrian yang awalnya 13.4 menit menjadi 5.38 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Law, A. M., Kelton, W. D., & Kelton, W. D. (1991). Simulation modeling and analysis, Associate Professor of Operation and Management Science Curtis L. Carison School of Management University of Minnesota, Syney Tokyo Toronto.

Edwin, B.J., & Angwarmasse, W. (2012). Model Antrian Fifo (First-In First-Out) Pada Pelayanan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Janabadra Berbasis Multimedia, JURNAL TEKNIK VOL. 2 NO. 2 , Yogyakarta.

Heizer, J., & Render, B. (2005). Operation Management (Manajemen Operasi) 7th edition. th7ed., Prentice Hall, New Jersey.

Heizer, J., & Render, B. (2005). Operation Management (Manajemen Operasi) Edisi Ketujuh. Penerbit Salemba. Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1). Jilid. Erlangga, Jakarta.

Fandy, T., (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, CV.Andi Offset, Yogyakarta.

Published

2017-07-08

How to Cite

Jatmika, S., & Tri Prasetyo, B. P. (2017). Analisis Antrian Model Multi Channel - Single Phase Dan Optimalisasi Layanan Akademik (Studi Kasus Pada STMIK ASIA Malang). POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.31961/positif.v3i1.396