Pengaruh Customer Experience Dan Cash Back Terhadap Keputusan Konsumen Bertransaksi Melalui E’commerce Tokopedia Pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 Di Kota Banjarmasin

Main Article Content

Muhammad Teguh Nuryadin
Padli Padli
Hairul Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah Customer Expereience dan Cash Back berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin


 


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda dengan bantuan softwere SPSS yang menganalisa dari data primer berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan metode stratified judgment sampling kepada masyarakat kota Banjarmasin yang aktif bertransaksi melalui marketplace. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pegaruh yang signifikan secara simultan dari Customer Experience dan Cash Back terhadap Keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin. Sedangkan secara parsial hanya variabel Customer Experience yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan konsumen bertransaksi melalui E’Commerce Tokopedia pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 di Kota Banjarmasin .


 


Kata kunci : Customer Experience, Cash Back, Tokopedia, covids 19


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] F. Tjiptono, D. Arli, and T. S. D. R. Rosari, “Assessing Brand Origin Recognition Accuracy and its Antecedents in a Developing Country,” J. Promot. Manag., vol. 21, no. 6, pp. 631–648, Nov. 2015.
[2] C. Meyer, A. S.-H. business review, and undefined 2007, “Understanding customer experience,” idcexed.com, [Online]. Available: https://idcexed.com/wp-content/uploads/2021/01/Understanding_Customer_Experience.pdf.
[3] B. Schmitt, Experiential marketing. 2000.
[4] B. Schmitt, “Experiential Marketing: A New Framework for Design and Communications,” Des. Manag. J. (Former Ser., vol. 10, no. 2, pp. 10–16, Jun. 2010, doi: 10.1111/J.1948-7169.1999.TB00247.X.
[5] B. Schmitt, “Experiential Marketing,” J. Mark. Manag., vol. 15, no. 1–3, pp. 53–67, Apr. 1999.
[6] D. Arli, F. Tjiptono, and W. Winit, “Consumer ethics among young consumers in developing countries: A cross national study,” Soc. Responsib. J., vol. 11, no. 3, pp. 449–466, Aug. 2015.
[7] D. Arli, F. Tjiptono, and R. Porto, “The impact of moral equity, relativism and attitude on individuals’ digital piracy behaviour in a developing country,” Mark. Intell. Plan., vol. 33, no. 3, pp. 348–365, May 2015.
[8] B. Simamora, Panduan riset perilaku konsumen. 2002.
[9] D. Durianto, Sugiarto, and L. J. Budiman, Brand Equity Ten. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.
[10] D. Darmadi and T. S. Sugiarto, Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
[11] P. Azhari, R. R.- eProceedings, and undefined 2016, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kafe Nom Nom Eatery Bandung,” … .telkomuniversity.ac.id, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3200.
[12] P. Kotler and K. Lane Keller, Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall, 2011.
[13] P. Kotler, “Principles of marketing,” p. 954, 2005.
[14] L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Customer Behaviour, Eight Edit. Pearson Educational International, 2004.
[15] L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks Puri Media Kembangan, 2008.
[16] S. Santoso, Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2012.