PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HANNAFIN DAN PECK

Authors

  • Adi Pratomo Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Agus Irawan Politeknik Negeri Banjarmasin

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, Hannafin dan Peck, Web

Abstract

Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan model Hannafin dan Peck pada mata kuliah pemrograman web. Media pembelajaran interaktif pada penelitian ini dikembangkan menggunakan flash dan php sehingga memiliki tampilan dan animasi yang lebih interaktif. Dukungan basis data menggunakan MySQL dalam media belajar ini akan memudahkan sistem dalam mengelola dan menyimpan data.
Media pembelajaran interaktif berbasis web ini terdiri dari materi pembelajaran pemrograman web berbasis multimedia mulai dari awal sampai akhir yang terbagi dalam beberapa kelompok materi. Pada setiap akhir kelompok materi akan diberikan penilaian dan evaluasi, dimana hasil penilaian dan evaluasi akan tersimpan dalam basis data. Diakhir materi siswa harus mampu menghasilkan sebuah produk berbasis web sebagai hasil akhir.
Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode Research and Development yang dikolaborasikan dengan Model pembelajaran Hannafin dan Peck. Model Hannafin dan Peck merupakan model pembelajaran berorientasi produk, tahap-tahap dalam model Hannafin and Peck: tahap analisis keperluan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Penilaian dan evaluasi dilaksanakan dalam setiap tahap. Tahapan pada penelitian ini menerapkan metode pengumpulan data dengan cara survei menggunakan angket yang sebelumnya diuji menggunakan teknik validitas dan realibilitas. Hasil dari pengumpulan data dipergunakan sebagai acuan untuk membangun media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Perancangan sistem menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan notasi UML (Unified Modelling Language) yang meliputi class diagram, usecase diagram, sequence diagram dan user interface Setelah pengembangan media pembelajaran dilakukan uji hipotesis berdasarkan kepuasan dari para pengguna. Proses penyimpanan dan pengolahan data menggunakan server MySQL yang didukung oleh script php sebagai penghubung antara aplikasi Flash dengan MySQL, dimana proses tersebut berjalan pada jaringan intranet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chosim S Widodo dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Eko Putro W. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamzah B, dkk. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah B. dan Nina L. 2011. Teknologi Informasi & Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hannafin, M. J., Peck, L. L. 1998. The Design Development and Education of Instructional Software. New York: Mc. Millan Publ., Co

Joko Sutrisno. 2008. Peran Multimedia dalam Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa.

http://www.erlangga.co.id/artikel/pendidikan/365-example-pagesand-menu-links.html. Diakses pada tanggal 26 Februari 2012.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi Dan Kompetensi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2015-11-01

How to Cite

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HANNAFIN DAN PECK. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/204