Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi FAST

Main Article Content

Muhammad Noorhansyah
Adi Pratomo

Abstract

Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk menerapkan model CRM pada metodologi FAST untuk mengembangkan sistem informasi akademik dalam suatu web portal yang dapat membantu jurusan administrasi bisnis politeknik negeri banjarmasin dalam meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan memberikan sebuah kesan yang baik bagi pelanggan.


Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah metodologi FAST yang dikolaborasikan dengan konsep CRM. FAST Framework for the Applications of System Thinking)  mendefinisikan tahapan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi, dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan. Tahapan pada penelitian ini menerapkan metode pengumpulan data dengan cara survei menggunakan angket yang sebelumnya diuji menggunakan teknik validitas dan realibilitas. Hasil dari pengumpulan data nantinya akan dipergunakan sebagai acuan untuk membangun sistem CRM yang akan dikembangkan. Perancangan sistem menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan notasi UML (Unified Modelling Language) yang meliputi class diagram, usecase diagram, sequence diagram dan user interface Setelah sistem dikembangkan menggunakan metodologi FAST, akan dilakukan uji hipotesis berdasarkan kepuasan dari para pengguna sistem.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CRM pada metodologi FAST untuk mengembangkan web portal akademik berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan baik secara bersama-sama maupun secara individual

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles