Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Cv Nonninth Inc Berbasis Online

Authors

  • Agus Irawan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Mey Risa Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Ayyasy Muttaqien Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Adam Elyas Shinnay Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.417

Keywords:

Penjualan Online, Sistem Informasi, Pieces, DBMS, SDLC, Implementasi Program

Abstract

Teknik penjualan secara online menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini baik di kota maupun daerah. Pergeseran cara bertransaksi dipicu oleh adanya alat komunikasi digital dan IT yang terus berkembang. Disisi lain para penjual ingin memanfaatkan teknologi itu secara optimal, tentu saja harus diperkuat oleh sistem database penjualan yang mapan.  Sistem Informasi penjualan yang baik tidak cukup hanyah dengan membangun sistem transaksi jual beli, akan tetapi perlu adanya penanganan subsistem stok barang dan laporan keuangan serta adanya informasi profil perusahaan sebagai daya tarik bagi calon/pelanggan.

Dalam meningkatkan omset penjualan dan penataan sistem administrasi CV Nonninth memerlukan sistem yang kuat agar branded produknya lebih dikenal sekaligus memperkuat sistem database penjualan mereka. Perancangan sistem penjualan pada CV Nonninth inc dibangun berdasarkan (1) analisa pieces, (2) tahapan perancangan sistem dan (3) implementasi sistem kedalam program aplikasi berbasis online. Analisa pieces dilakukan dengan memperhatikan faktor performance, information, economic, control, efisiensi dan service secara kualitatif pada kondisi saat ini dan kedepannya. Perancangan sistem dibuat melalui tahapan Context Diagram, Flowmap, Data Flow Diagram, Normalisasi tabel, ERD, struktur database, desain input dan output serta struktur menu program.  Adapun  proses implementasi sistem menggunakan program berbasis online yaitu Adobe Dreamwaver dan Mysql. Diharapkan sistem ini dapat membantu CV Nonninth dalam meningkatkan kinerja perusahaan baik omset maupun sistem administrasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elvia. (2008). Sistem Informasi Penjualan Kendaraan Online Pada PT Adira Multi Finance Berbasis WEB. Banjarmasin.

Indrajani. (2007). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Sarang Imitasi. Banjarmasin.

Indrajani. (2010). Database System. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jubilee. (2008). Mengenal Pemrograman Database . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kadir, A. (2016). Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Mahaseptiviana, A. (2013). Jurnal Sistem Informasi. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum pada CV Air Putih, Hal. 3 Vol. 3 No. 2 .

Raharjo, B. (2014). Belajar Otodidak Membuat DAtabase Menggunakan Mysql. Bandung: Informatika.

Salim, J. (2008). Buku Pintar Bisnis Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, M. (2011). Jurnal Kompak STIMIK IKMI. Aplikasi Pengendalian Kas Kecil Untuk Kelancaran Rutinitas Operasional Pada Toko Buku Gramedia Cirebon Di Kota Cirebon, Hal. 19 Vol. 3 No. 1.

Winarno, E. (2013). Mobile Web Development dengan Dreamweaver. Jakarta: PT Elex Media Kom

Published

2017-12-10

How to Cite

Irawan, A., Risa, M., Muttaqien, M. A., & Shinnay, A. E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Cv Nonninth Inc Berbasis Online. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.417