Analisa Pengaruh Partisipasi Dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja Dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web di P3M POLIBAN
Main Article Content
Abstract
Tingkat partisipasi dan kepuasan pemakai akan mempengaruhi kesuksesan sistem, dimana partisipasi pemakai dapat meningkatkan kinerja sistem informasi. Partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem akan mempengaruhi kualitas suatu sistem informasi.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang terdiri dari pertanyaan yang dikelompokan berdasarkan tingkat partisipasi, kepuasan dan kinerja sistem. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta uji asumsi meliputi uji normalitas, heterokedastisitas, multi kolinearitas dan autokorelasi. Analisis data digunakan dengan regresi linear berganda, dengan uji statistik meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Data yang dikumpulkan dari responden akan dimanfaatkan sebagai user requirement untuk pengembangan lanjutan sistem informasi. Analisa sistem informasi menggunakan analisa PIECES yang dilanjutkan ke tahap perancangan sistem menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan notasi UML (Unified Modelling Language).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh partisipasi dan kepuasan pemakai terhadap kinerja sistem informasi berbasis web di P3M. Selain itu hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem informasi berbasis web di P3M.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi berbasis web di P3M. Dari uji t dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh kesimpulan bahwa tingkat partisipasi dan kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sistem informasi. Dari uji F diperoleh kesimpulan bahwa faktor partisipasi dan tingkat kepuasan pengguna sistem secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi berbasis web di P3M. Koefisien determinasi dengan menggunakan adjusted (Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 0,780 artinya sebesar 78% variabel Partisipasi dan Kepuasan mampu mempengaruhi variabel Kinerja sistem secara signifikan, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Berdasarkan analisa terhadap sistem yang berjalan dan user requirement yang dikumpulkan, maka terdapat tambahan dua modul pada sistem. Modul forum diskusi sebagai media interaksi antar pengguna sistem dan modul pengelolaan forum diskusi yang dijalankan oleh admin untuk mengendalikan forum diskusi.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edison, G., Fitira M., Mabvure J., and Kuadakwashe G. 2012. Eva¬luation of Factors Influencing Adoption of Accounting Information System by Small to Medium Enterprises in Chinhoyi. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business Vol. 4, No. 6, 26 Oktober 2012.
Eko Indrajit, Richardus. 2001. Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Fisal, M. 2011. Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercaya¬an Teknologi Sistem Informasi Terhadap Kinerja Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Palembang, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Bina Danna Palembang.
Fung Jen, Tjhai. 2002. Analisis Faktor¬ faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TI dan Pengaruh Pemanfaatan TI terhadap Kinerja Akuntan Publik, Tesis, S2 Akuntansi, UGM.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Yogyakarta : Andi.
Godhue, D.L. (1995). Understanding User Evolution of information System, Management Science, Desember: 1827-1344.
Irawati, A., & Wijayanti, L. E. (2005). Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 3(1).
Jalil, A.. 2008. Studi Empiris Tentang Faktor-faktor yang M empe¬ngaruhi Kepuasan Akhir Atas Aplikasi Sistem Akuntansi Institusi dan SistemAkuntansi Aset Tetap pada Jajaran Kanwil Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah, Tesis. Semarang: Program Studi Magister Sains Akuntansi Pasca Sarjana UNDIP.
Jogiyanto. Hartono. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Joseph, Chinhoyi Mabvure. 2012. Eva¬luation of Factors Influencing Adoption of Accounting Information System by Small to Medium Enterprises in Chinhoyi, Gwangwava Edison Lecturer, Department of Accounting Sciences and Finance Inter-disciplinary Journal of Contemporary Research in Business, Vol. 4, No.6, Oktober 2012.
Jumili, S.. 2005. Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual, Kumpulan Materi Simposium Nasional Akun-tansi VIII, Solo, 15-16, September 2005.
Noorhansyah, M., & Pratomo, A. (2016). Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi FAST. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/274
Mindaryoko. 2000. Analisis Pola Penye-diaan dan Perhitungan Biaya Penyelenggaraan Layanan Teknologi Informasi, Studi Kasus di Unit Pengolahan IV Cilacap, Tesis, S2 Teknik Mesin, Universitas Indonesia.
Murdaningsih, A. (2009). Analisis Pengaruh Partisipasi Pemakai Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Dalam Pengembangan Sistem Informasi Dengan Dukungan Manajen Puncak, Komunikasi Pemakai-Pengembang, Kompleksitas Sistem, Kompleksitas Tugas, Pengaruh Pemakai Sebagai Variabel Pemoderasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Noviandini, Nurul Citra. 2012. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggu¬ naan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak Di Yogyakarta, Nominal, Vol. 1, No.1.
Ridwan. 2001. Influence Factors Affecting The Performance of Accounting Information System, Gadjah Mada International Journal of Business (3:2), May 2001, pp 177-202.
Sahusilawane, W. (2015). Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Dukungan Atasan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Umum Pemerintah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 10(1), 37-43.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Susilatri, A.S.T. dan Surya, P. 2010. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Umum Pemerintah di kota Pekanbaru, Jurnal Ekonomi, Volume 18, Nomor 2 Juni 2010.