Tinjauan Tentang Prosedur Pembayaran Hutang Oleh Account Payable Galaxy Hotel Banjarmasin Kepada Supplier

Penulis

  • Muhammad Yasar Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Huda Sya'rawi Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Account Payable, Hutang, Supplier

Abstrak

Penelitian tugas akhir ini, betujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui (1) prosedur pembayaran hutang oleh account payable Galaxy Hotel Banjarmasin kepada supplier, (2) kendala dalam proses pembayaran hutang oleh account payable Galaxy Hotel Banjarmasin.

Metode penelitian ini yaitu bentuk penelitian deskriptif. sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Variabel penelitian ini adalah variabel independent. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan hutang usaha yang digunakan oleh account payable Galaxy Hotel Banjarmasin sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan prosedur akuntasi yang berlaku walaupun masih terdapat beberapa kendala namun secara keseluruhan sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari fungsi yang terkait dalam pembayaran hutang, catatan akuntasi yang digunakan, dokumen yang digunakan, serta jaringan prosedurya. Kendala dalam proses pembayaran hutang oleh account payable Galaxy Hotel Banjarmasin kepada supplier ada beberapa yaitu : Transfer pembayaran hutang yang tidak approved atau disetujui pembayarannya, perbedaan kuantitas barang di invoice supplier dengan purchase order.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimin. 2001. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2021. Pembayaran. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kholifatun, Indri dan Jati Nurcahya. 2018.”Sistem Kerja Storage dan Purchasing Department Terhadap Kelangsungan Operasional di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta”. Yogyakarta : Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta.

Molanda, Triska.2016.”Tinjauan Tentang Prosedur Bagian Account Payable Section di Aryaduta Hotel Medan”.Sumatera Utara : Program Studi Diploma III Pariwisata Fakultas Ilmu Budaya.

Nazir, 1998. “Metode Penelitian”. Jakarta: Ghalia Indonesia

Tim Penyusun 2021, Buku Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir. Banjarmasin: Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin.

Sarwono, Jonathan. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Tasya, Ryas.2018.”Proses Pembelian Barang di Accounting Department Guna Pemenuhan Kebutuhan Operasional di Harris POP! Hotel And Conventions Gubeng Surabaya”. Jember : Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Jurusan Ilmu Administrasi.

Yuanita, Alisya Putri. 2016 “ Analisis Prosedur Pembayaran Utang ke Supplier di PT. Sanofi Group indonesia”. Jakarta : Program Diploma III Akuntansi Sektor Publik

Aditya. 2016 “ Prosedur Pembayaran Utang Dagang Pada PT Kimia Farma(PERSERO) Apotek Semarang “. Semarang : Program Diploma III Akuntansi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01

Cara Mengutip

Yasar, M., & Sya’rawi, H. (2022). Tinjauan Tentang Prosedur Pembayaran Hutang Oleh Account Payable Galaxy Hotel Banjarmasin Kepada Supplier. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21–25. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1325