Perancangan Service Catalogue Pada Layanan IT Di Industri Pulp and Paper Divisi Teknikal Dokumen Kontrol Berdasarkan Framework ITIL Versi 3

Penulis

  • Indri Endang Lestari Universitas Bina Darma
  • Widya Cholil Universitas Bina Darma
  • Darius Antoni Universitas Bina Darma
  • Dedy Syamsuar Universitas Bina Darma
  • Muhammad Akbar Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v7i2.1137

Kata Kunci:

ITIL, Layanan IT, Manajemen Layanan

Abstrak

Layanan IT adalah salah satu faktor penting dalam operasional bisnis yang ada pada divisi teknikal dokumen kontrol. Divisi teknikal dokumen kontrol adalah salah satu divisi yang memiliki peran vital dalam mendukung proses construction, production dan maintenance. Penelitian ini bertujuan untuk merancang service catalogue management dengan menggunakan framework ITILV3. Tahapan dalam perancangan katalog ini berupa identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa data, pemetaan domain berdasarkan framework ITIL versi 3, penetapan domain, dan perancangan e-catalog manajemen. Dan penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi manajemen e-catalog manajemen yang berisi informasi tentang deskripsi layanan yang ada di divisi teknikal dokumen kontrol serta manajemen pengelolaan insiden yang terjadi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Muthmainnah, “Model Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi ( It Governance ) Pada Proses Pengelolaan Data Di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe,†Techsi, vol. 6, pp. 117–131, 2015.

R. Suwandi, “Penerapan Itsm Dengan Framework Itil V3 Studi Kasus : Stmik Mikroskil,†Pros. SINTAK 2018, p. 8, 2018.

S. S. Hilabi and B. Huda, “Layanan Teknologi Informasi E-Government Menggunakan Framework Information technology Infrastructure Library V.3 (Itil V.3) Domain Service Transition (Studi Kasus Pemda Kabupaten Karawang),†Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.36805/technoxplore.v4i1.540.

S. Hanief and I. W. Jefriana, “Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning,†J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 59–65, 2018, doi: 10.36002/jutik.v4i1.395.

N. T. Hariyanti, J. D. C. Sihombing, and A. Wirapraja, “Pemanfaatan Proses Pada Kerangka ITIL V3 Dalam Menyediakan Manajemen Layanan Teknologi Informasi,†J. Eksek., vol. 15, no. 2, pp. 388–403, 2018.

D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005.

Y. Nita and I. S. Rozas, “Manajemen Layanan Teknologi Infromasi : Tantangan Dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0,†Pros. SNRT (Seminar Nas. Ris. Ter. Politek. Negeri Banjarmasin, vol. 5662, no. November, pp. 58–69, 2018.

T. Tjahyarini, “Development of Information Management Information System for Learning Implementation Plan (RPP) for Senior High Schools (SMA),†J. Tek. Inform. C.I.T, vol. 10, no. 2, pp. 7–13, 2018.

Diterbitkan

2021-12-23