Pengembangan Skill Guna Meningkatkan Kinerja Sekretaris Pada Pt Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan

Penulis

  • Rofi’i Rofi’i
  • Sekar Arum Mukti

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.497

Kata Kunci:

Pengembangan skill, kinerja sekretaris

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pengembangan skill guna meningkatkan kinerja sekretaris pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan, dan untuk mengetahui pengembangan skill sekretaris yang perlu dilakukan oleh PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, yang mana penulis hanya menggambarkan masalah sebagaimana adanya atau sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada objek penelitian. Dalam teknik pengumpulan data penulis melakukan observasi yaitu pengamatan secara langsung di lapangan, serta dokumentasi berupa foto-foto dan wawancara secara langsung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan memiliki sekretaris yang kurang menguasai skill dasar sebagai seorang sekretaris sehingga menyebabkan kinerja sekretaris kurang efektif dan efisien. Hal ini disebabkan karena sekretaris merupakan seorang lulusan Sarjana Komputer sehingga tidak memiliki pengetahuan mendasar mengenai kesekretarisan, dan juga dikarenakan perusahaan tidak pernah memberikan pelatihan khusus tentang kesekretarisan. Untuk mengatasi masalah ini sekretaris harus berinisiatif untuk mengembangkan skill salah satunya dengan cara mempelajari literature yang ada hubungannya dengan skill tersebut, selain itu perusahaan juga harus mengadakan pelatihan untuk sekretaris dengan menerapkan sasaran pelatihan, menyusun kurikulum, menetapkan sarana, memilih peserta, dan menetapkan waktu pelaksanaan. Dengan melakukan strategi tersebut maka skill sekretaris akan berkembang dan kinerja sekretaris akan menjadi lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Falino, David F. 2012. Manajemen Karyawan, Memimpin Karyawan Dengan Sukses. Jakarta: Oryza.
Gemilang, Jingga. 2013. Jangan Jadi Sekretaris Sebelum Baca Buku Ini !. Yogyakarta: Araska
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2014. Jakarta: PT Bumi Aksara
Herlambang, Susatyo dan Bambang Heru Marwoto. 2014. Manajemen Kesekretariatan: Cara Mudah Memahami dan Mengelola Pekerjaan Kesekretariatan. Yogyakarta: Gosyen Publising.
Lolita, Rinda. 2013. Pengembangan Skill Guna Meningkatkan Kinerja Sekretaris Pada Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat “Samudera Nusantara” Pelabuhan Banjarmasin. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nuraeni, Nani. 2008. Panduan Menjadi Sekretaris Profesional. Jakarta: Visimedia
Rokhmayanti, Ulfiyana. 2013. Pengembangan Diri Bagi Sekretaris. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tiara, Sri. 2013. Strategi Pengembangan Karyawan Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk Asuransi Pada AJB Bumiutera 1912 Cabang S.Parman Banjarmasin. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Tim Panitia Laporan Tugas Akhir. 2017. Buku Pedoman Mahasiswa Prodi Bisnis dan Perbankan. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo
Yovita Rian Saputri .2013. Sekretaris Profesional Dan Pengembangan Diri (http://eprints.uny.ac.id/16916/1/TUGAS%20AKHIR.pdf

Diterbitkan

31-05-2017

Cara Mengutip

Rofi’i, R., & Mukti, S. A. (2017). Pengembangan Skill Guna Meningkatkan Kinerja Sekretaris Pada Pt Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 17(1), 69–78. https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.497