FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA PENERAPAN PENGGANGGARAN BERBASIS KINERJA DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Authors

  • Juhariah . Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis faktor kepemimpian, faktor komit-men, faktor administrasi, faktor sumber daya yang cukup, faktor penghargaan dan sanksi (reward and punishment), serta faktor motivasi secara simultan berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja di Politeknik Negeri Banjarmasin, (2) Untuk menga-nalisis faktor kepemimpian, faktor komitmen, faktor administrasi, faktor sumber daya yang cukup, faktor penghargaan dan sanksi (reward and punishment), serta faktor moti-vasi secara parsial berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja di Poli-teknik Negeri Banjarmasin, (3) Untuk menganalisis apakah faktor sumber daya merupa-kan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis ki-nerja di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh individu yakni Pegawai Negeri Sipil di ling-kungan Politeknik Negeri Banjarmasin yang menduduki jabatan struktural dan fungsional yang dalam pekerjaannya berkaitan dengan pelaksanaan dan pertanggungjawaban ang-garan yang berjumlah 8 (delapan) unit, dengan jumlah responden sebanyak 48 (empat puluh delapan) orang.

Hasil peneltian ini membuktikan bahwa faktor kepemimpinan, komitmen, sumber daya, administrasi, reward and punishment, dan motivasi secara simultan mempengaruhi pene-rapan penganggaran berbasis kinerja tetapi secara parsial hanya faktor kepemimpinan, komitmen, sumber daya, reward and punishment saja yang mempengaruhi penerapan anggaran berbasis kinerja, sedangkan faktor administrasi dan motivasi secara parsial tidak mempengaruhi penerapan anggaran berbasis kinerja di Politeknik Negeri Banjar-masin Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa faktor kepemimpinan merupakan fak-tor yang paling dominan mempengaruhi penerapan anggaran berbasis kinerja di Politek-nik Negeri Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

., J. (2015). FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA PENERAPAN PENGGANGGARAN BERBASIS KINERJA DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 13(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/116

Issue

Section

Articles