EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT TRANSAKSI DIGITAL PADA DESTINASI WISATA KOTA BANJARBARU

Penulis

  • Rudy Haryanto
  • Rahmatul Jannatin Naimah Bisnis Digital, Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

wisata, QRIS, Pembayaran Digital, Banjarbaru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS sebagai upaya peningkatan pendapatan UMKM di sekitar wisata Kota Banjarbaru serta meningkatkan daya saing Kota Banjarbaru menjadi destinasi wisata yang terintegrasi dan terkini dengan penggunaan QRIS. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan studi literatur pada UMKM di sekitar lokasi wisata kota Banjarbaru. Evaluasi informasi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil temuan menunjukkan bahwa 82,7% responden Setuju dan Sangat Setuju bahwa QRIS memberikan manfaat. Sebanyak 88% responden Setuju dan Sangat Setuju bahwa QRIS mudah digunakan. Dan sebanyak 76% responden Setuju dan Sangat Setuju untuk menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran usaha mereka. Ke depannya sebaiknya pemerintah dan bank terkait dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada merchant atau pedagang terkait mengenai keamanan dan keuntungan tambahan penggunaan QRIS, mengenai fleksibilitas dan cara mengontrol penggunaan QRIS, serta memberikan sosialisasi mengenai efektifitas dan efisiensi penggunaan QRIS, dikarenakan masih banyak pedagang yang belum mengerti bahwa QRIS lebih efektif dan efisien dari pada pembayaran tunai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Anshori, M. H., Samopa, F., & Suryotrisongko, H. 2013. Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Kode QR Berbasis Android. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 2–4.

2. Ernawati, N., & Noersanti, L. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Ecodemica, 4, 200–210.

3. Ginantra, N. L. W. S. R., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., Nainggolan, L. E., Marit, E. L., Sudirman,A., & Siswanti, I. 2020. Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

4. Jaya Ramadaey Bangsa1, Luk Lu’ul Khumaeroh. 2023. The Effect of Perceived Benefits and Ease of Use on the Decision to Use Shopeepay and QRIS on Digital Business Students of Ngudi Waluyo University. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol 3 (No 1) 2023 Januari.

5. Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. 2022. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452.

6. Hoetor, A., & Sastra, D. 2020. Smart Economy: Kewirausahaan UMKM 4.0. UB Press.

7. Koler, P., & Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing.

8. Nasution, R. A. 2021. Analisis Persepsi Pedagang Pada Penggunaan Qris Sebagai Alat Transaksi Umkm Di Kota Medan. Journal of Chemical Information and Modeling.

9. Nur Cholis Shohib, Kunto Eko Susilo, Aryo Nugroho. 2022. QRIS Sebagai Alat Transaksi Di Wisata Pantai Selatan Malang Dengan QR Code. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis (JIKB) Desember-2022, Vol. XIII, No.2a, hal.102-109

10. Paramitha, D. A., & Kusumaningyuas, D. 2020. QRIS. Universitas Nusantara PGRI.

11. Parjiman. 2021. Peran Financial Technology Dalam Dunia Bisnis di Era Pandemi. Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Rohmah, L. M. 2021. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Metode Pembayaran Elektronik Money (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Shopeepay di Surakarta). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2024

Cara Mengutip

Haryanto, R., & Jannatin Naimah, R. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT TRANSAKSI DIGITAL PADA DESTINASI WISATA KOTA BANJARBARU. INTEKNA Jurnal Informasi Teknik Dan Niaga, 24(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/159-165

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.