IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANJARMASINIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL

  • Siti Kustini Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Herlinawati Herlinawati Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Younie Indrasary
Keywords: Pembelajaran, Project Based Learning, Digital Literasi

Abstract

 

Literasi digital merupakan salah satu literasi baru yang sangat diperlukan dalam era teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu pesat saat ini. Dalam konteks penelitian ini, ‘literasi digital’ didefinisikan sebagai serangkaian keterampilan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan bagaimana mengevaluasi informasi yang disajikan melalui teknologi tersebut. Keterampilan ini mencakup keterampilan literasi tradisional – membaca, menulis, mendengar, berbicara – dan juga literasi lainnya seperti literasi informasi, literasi media, dan literasi penggunaan perangkat teknologi.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus berdasarkan pertimbangan bahwa desain ini mampu mengarahkan peneliti pada pengambilan kesimpulan yang holistik dan mendalam karena terfokus pada satu subyek penelitian dan digunakannya teknik pengumpulan data multi-metode untuk proses trianggulasi. Desain studi kasus ini mampu mengarahkan peneliti untuk mengkaji fenomena-fenomena yang muncul dalam proses pembelajaran secara detail karena penelitian ini dilaksanakan dalam setting yang natural. Data penelitian diperoleh melalui obsservasi, dokumen pembelajaran, termasuk didalamya hasil tugas yang diberikan kepada mahasiswa, dan juga artifak pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif yang disusun secara tematis dan sistematis sehingga temuan dari penelitian ini dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi digital yang mencakup antara lain: menentukan media yang dipergunakan untuk menyelesaikan tugas; mencari sumber referensi yang tepat dalam menggunakan berbagai informasi untuk penyelesaian tugas.  mengevaluasi realibilitas atau keabsahan informasi; menganalisis, menafsirkan, dan menggunakan berbagai informasi dan media  untuk mengkomunikasikan ide/gagasan melalui teks multimodal; menggunakan teknologi digital dengan cara yang aman dan bertanggung jawab secara sosial; mengelola menyelesaikan masalah ynag berkenaan dengan komponen perangkat keras dan perangkat lunak.  menggunakan informasi dan media secara etis; menerapkan informasi untuk merancang representasi diri dalam mengkomunikasikan pengetahuan secara efektif kepada orang lain; mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan merefleksikan keterampilan teknologi, dan menggunakan berbagai perangkat teknologi untuk membuat informasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Herlinawati Herlinawati, Politeknik Negeri Banjarmasin

Herlinawati is a faculty member of Informatics Engineering Department at Banjarmasin State Polytechnic, South Kalimantan. She has been teaching Islamic Religious Study in this institution for almost 15 years. She got her bachelor degree from UIN Antasari Banjarmasin and earned her master degree of Educational Management from Lambung Mangkurat University.  She is currently taking her doctoral degree in Islamic Religious Study at UIN Antasari Banjarmasin.

Younie Indrasary

Yoenie Indrasary is a faculty member of Informatics Engineering Department at Banjarmasin State Polytechnic, South Kalimantan. She has been teaching Informatics Engineering in this institution for almost 15 years. She got her bachelor degree from Bandung Technology Institute (ITB) and earned her master degree from Indonesia University (UI).  Her interests are mainly on mobile technology application and IOT.

References

Anstey, M., & Bull, G. (2006). Teaching and learning multiliteracies: Changing times, changing literacies. Newark, DE: International Reading Association.

Basar, S. (2017). Going beyond the textbook: Revitalizing culture in the Spanish classroom (Honor’s Thesis. 2905.). Western Michigan University, Michigan. Retrieved from http://scholarworks.wmich.edu/honors_theses/2905

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26(3–4), 369–398. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653139

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017). Project-based learning a literature review. Retrieved from https://www.mdrc.org/sites/default/files/Project-Based_Learning-LitRev_Final.pdf

Cope, B., & Kalantzis, M. (2009). “Multiliteracies”: New Literacies, New Learning. Pedagogies: An International Journal (Vol. 4). https://doi.org/10.1080/15544800903076044

Published
2021-05-30