A PERANCANGAN JALUR PEJALAN KAKI DI TEMPAT WISATA PANTAI RINDU ALAM

  • Misnawati Misnawati Prodi Teknik Alat Berat Politeknik Batulicin
  • Fachruzzaki Fachruzzaki Politeknik Batulicin
  • Erwaniansyah CV. D’sign Architecture

Abstract

Pemerintah kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pembenahan infrastuktur dan fasilitas penunjang objek wisata untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Untuk itu diperlukan  penelitian mengenai perencanaan fasilitas penunjang salah satunya perencanaan jalur pejalan kaki/pedestrian untuk menambah daya tarik wisata baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Metode yang dilakukan dalam perencanaan adalah persiapan, pengumpulan data lapangan, mengolah data lapangan dan laporan hasil perencanaan. Hasil desain dari Perencanaan pembuatan jalur pejalan kaki/pedestrian daya tarik wisata Pantai Rindu Alam adalah panjang rencana pedestrian 201,5 m dan lebar 2 m. Pondasi yang digunakan ada 2 yaitu: pondasi poer plat setempat dan pasangan pondasi batu gunung. Selain pedestrian juga dibuat penunjang pedestrian seperti icon wisata, ornamen layar, dan kursi taman. Perencanaan jalur pejalan kaki/pedestrian Daya Tarik Wisata Pantai Rindu Alam ini merupakan bagian dari Perencanaan Pembuatan DED Wisata Pantai Rindu Alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Anggriani, N. (2009). Pedestrian Ways dalam Perancangan Kota. Jawa Tengah: Penerbit Yayasan Humaniora.

Kementrian Pariwisata (2017). Permen Pariwisata No. 1: Petunjuk Operasional Pengelolaan DAK Fisik Bidang Pariwisata. Jakarta.

Kementrian PU (2013). Permen PU No. 11: Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil. Jakarta.

Sanjaya, R. (2017). Analisis Fungsi dan Kenyamanan Jalur Pedestrian Kawasan di Kota Pangkalan Bun: Studi Kasus Bundaran Pancasila. Semarang: S2 Universitas Sultan Agung.

Shirvani, H. (1985). The Urban Design Process. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Tanan, N. (2015). Fasilitas Pejalan Kaki dalam Mendukung Program Pengembangan Kota Hijau. Jurnal HPJI, Vol(1), 17-28.

Published
2021-11-30