INVESTIGASI PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING DI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v6i2.968Kata Kunci:
Community of Inquiry, LMS, Blended Learning, Online Learning, Trancript AnalysisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi seberapa jauh pembelajaran kolaboratif yang terjadi di Universitas Bina Darma Palembang. Data yang digunakan adalah data dari pesan yang ada pada forum e-learning. Data tersebut kemudian diolah menggunakan pendekatan metode Community of inquiry. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dari penerapan collaborative learning pada forum e-learning dan saran untuk meningkatkan penerapannya.
Keywords  LMS, Community of Inquiry, Blended Learning, Online Learning, Trancript Analysis
Unduhan
Referensi
[2] Purwaakari, Eni, 2015, ‘Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon Bantul’, Jurnal Pendidikan, vol 8, no 1, h. 95-111.
[3] Rice, William, 2015, Moodle E-Learning Course Development Third Edition. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
[4] Akyol, Z., & Garrison, D. R. 2011. ‘Assessing metacognition in an online community of inquiry’, The Internet and Higher Education, 14(3), 183-190.
[5] Gunawardena, C.N. & Zittle, F.J. 1997. 'Social presence as a predictor of satisfaction within a computer-mediated conferencing environment' Am. J. Distance Educ., 11, 8–26.
[6] Garrison, D.R., dkk. 2000. 'Critical inquiry in a text-based environment: Computer conferencing in higher education'. Internet High. Educ. 2, 87–105..
[7] Anderson, T, dkk. 2001. 'Assessing Teaching Presence in a Computer Conferencing Context'. J. Asynchronous Netw. 5, 1–17.
[8] Garrison, D.R, dkk. 2010. ‘The first decade of the community of inquiry framework: A retrospective’. Internet High. Educ. 13, 5–9..
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.