Aplikasi Android Lukisan Wayang Kamasan Menggunakan Qr Code Sebagai Media Promosi Interaktif ( Studi Kasus: Startup Way’K)

Penulis

  • Gede Wira Astawa Prodi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara, Tukad Badung No.135, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80226, Indonesia
  • I Gusti Lanang Agung Raditya Putra Prodi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara, Tukad Badung No.135, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80226, Indonesia
  • I Gede Putu Krisna Juliharta Prodi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara, Tukad Badung No.135, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80226, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v5i1.703

Kata Kunci:

Kamasan Puppet Painting, Android Application, QR Code

Abstrak

Lukisan Wayang Kamasan merupakan salah satu kerajinan yang merupakan warisan budaya Bali. Salah satu startup yaitu Way’K menginovasikan Lukisan Wayang Kamasan menjadi produk modern seperti lukisan jam dinding, lukisan lampu LED, dan souvenir berupa plakat. Namun hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan daya jual dari seni lukis wayang kamasan karena berdasarkan hasil wawancara terhadap owner startup Way’K wisatawan kurang tertarik membeli karena wisatawan tidak mengetahui dari makna dan cerita yang terdapat dalam lukisan tersebut, selain itu promosi dan penjualan masih dilakukan secara konvensional mengingat perkembangan zaman memasuki era digital.  Maka dari itu penulis membuat suatu aplikasi seni lukis Wayang Kamasan berbasis Android yang dapat menampilkan cerita lukisan melalui kode QR yang dipindai pada lukisan serta terdapat fitur informasi dan pembelian produk secara online melalui aplikasi. Pada pembuatan aplikasi menggunakan metode pendekatan software waterfall dan menggunakan pemodelan Use Case serta Class Diagram dalam perancangan aplikasi. Aplikasi dibangun menggunakan framework React Native dan framework Laravel dan diuji menggunakan metode blackbox testing dan aplikasi telah berhasil dirancang bangun dan berhasil di uji coba dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat kemudahan penggunaan sistem dilakukan dengan metode Usability testing dan didapatkan hasil sangat baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, "Kunjungan Wisatawan Asing Ke Bali," [Online]. Available: https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/28/jumlah-wisatawan-asing-ke-bali-dan-indonesia-1969-2017.html. [Accessed 5 Maret 2018].

Cata, T., Patel, P. S., & Sakaguchi, T. (2013). QR Code: A New Opportunity for Effective Mobile Marketing. Journal of Mobile Technologies, Knowledge and Society. https://doi.org/10.5171/2013.

Danielsson, W. (2016). React Native application development. Institutionen För Datavetenskap.

Das, R., & Saikia, L. P. (2016). Comparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Framework. International Journal of Current Trends in Engineering & Research (IJCTER).

Mudana, I. W., & Mudana, I. W. (2015). Transformasi Seni Lukis Wayang Kamasan pada Era Postmodern di Klungkung, Bali (Doctoral dissertation, Universitas Udayana).

Pandya, K. H., & Galiyawala, H. J. (2014). A Survey on QR Codes: in context of Research and Application. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering. New York City: McGraw-Hill.

Henriyadi, H., & Mulyati, R. (2016). USABILITY TESTING Sistem Informasi: Studi kasus pada Aplikasi Repositori
Publikasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian. https://doi.org/10.21082/jpp.v23n2.2014.p54-63

Maryuliana et.al. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI).

Sugiantoro, B., & Hasan, F. (2015). Pengembangan Qr Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo. Jurnal TELEMATIKA.

Utama, I. G. B. R., & Mahadewi, N. M. E. (2016). Faktor penentu wisatawan Eropa memilih Bali sebagai destinasi wisata. Jurnal Kepariwisataan.

Wijaya, A., & Gunawan, A. (2016). Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android. Bianglala Informatika.

Diterbitkan

2019-06-23