Dampak Penggunaan Instagram sebagai Media Pencitraan pada Kalangan Remaja di Palembang

Penulis

  • Ali Ibrahim Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya, Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662, Indonesia
  • Dea Tri Ananda Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya, Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662, Indonesia
  • Fadilah Nur Imani Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya, Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662, Indonesia
  • St Dhiah Raniah Napian Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya, Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v5i1.669

Kata Kunci:

Self-branding, teenager, impact, instagram

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi di era ini telah mempengaruhi perkembangan teknologi komunikasi. Kebanyakan Orang di era ini berkomunikasi melalui platform online. Media sosial adalah teknologi komunikasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi canggih. Ini memiliki berbagai jenis tergantung pada fitur yang ditawarkan, misalnya, media sosial Instagram yang menawarkan fitur pengunggahan foto. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling terkenal, karena keunggulannya yang dapat menampilkan foto bersama dengan kalimat deskripsi yang dikenal sebagai caption. Fitur ini membedakan Instagram dari media sosial lainnya. Maraknya penggunaan Instagram telah mendorong kami untuk melakukan penelitian tentang Dampak Penggunaan Instagram sebagai Media Self-branding untuk Remaja di Kota Palembang. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian eksplanatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner yang dilakukan di dua tempat, SMAN 11 dan SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Kuesioner dibagikan kepada 150 responden remaja dengan usia mulai 14 hingga 18 tahun. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan Instagram sebagai media pencitraan di kalangan remaja di kota Palembang memiliki dampak. Ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah dapat memotivasi remaja untuk mengunggah posting yang bermanfaat, misalnya, mengunggah tentang prestasi mereka dan kegiatan bermanfaat yang mereka jalani. Namun, penelitian juga menunjukkan dampak negatif dari menggunakan Instagram sebagai media Pencitraan Remaja, yaitu munculnya kecemburuan terhadap kepemilikan atau prestasi rekan-rekan mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdulahi, A., Samadi, B., & Gharleghi, B. (2014). A study on the negative effects of social networking sites such as facebook among asia pacific university scholars in Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 5(10).

Alwagait, E., Shahzad, B., & Alim, S. (2015). Impact of social media usage on students academic performance in Saudi Arabia. Computers in Human Behavior, 51, 1092–1097.

Bolton, R. N., Parasuraman, A., Hoefnagels, A., Migchels, N., Kabadayi, S., Gruber, T., … Solnet, D. (2013). Understanding Generation Y and their use of social media: a review and research agenda. Journal of Service Management, 24(3), 245–267.

Bunker, L. N., & Gwalani, M. (2018). Narcissism, Body-Esteem and Selfie-taking behaviour among Teens and Adolescents.

Camilia, O. N., Ibrahim, S. D., & Dalhatu, B. L. (2013). The effect of social networking sites usage on the studies of Nigerian students. The International Journal of Engineering and Science, 2(7), 39–46.

Chua, T. H. H., & Chang, L. (2016). Follow me and like my beautiful selfies: Singapore teenage girls’ engagement in self-presentation and peer comparison on social media. Computers in Human Behavior, 55, 190–197.

Cross, M. (2013). Social media security: Leveraging social networking while mitigating risk. Newnes.

Jefkins, F. (2007). Public relations. Routledge.

Khamis, S., Ang, L., & Welling, R. (2017). Self-branding,‘micro-celebrity’and the rise of Social Media Influencers. Celebrity Studies, 8(2), 191–208.

Lee, E., Lee, J.-A., Moon, J. H., & Sung, Y. (2015). Pictures speak louder than words: Motivations for using Instagram. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 18(9), 552–556.

Lewis, B. K. (2009). Social media and strategic communication: Attitudes and perceptions among college students. Oklahoma State University.

Marwick, A. E., & Boyd, D. (2014). Networked privacy: How teenagers negotiate context in social media. New Media & Society, 16(7), 1051–1067.

Naslund, J. A., Aschbrenner, K. A., Marsch, L. A., & Bartels, S. J. (2016). The future of mental health care: peer-to-peer support and social media. Epidemiology and Psychiatric Sciences, 25(2), 113–122.

Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative consequences from heavy social networking in adolescents: The mediating role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60.

Petruca, I. (2016). Personal branding through social media. International Journal of Communication Research, 6(4), 389.

Sach, G. (2007). Liquidity Risk Management. Retrieved on May.

Santrock, J. W. (2002). Adolescence. McGraw-Hill Companies.

Satori, Djam’an dan Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Seidman, G. (2013). Self-presentation and belonging on Facebook: How personality influences social media use and motivations. Personality and Individual Differences, 54(3), 402–407.

Sorbring, E. (2014). Parents’ concerns about their teenage children’s internet use. Journal of Family Issues, 35(1), 75–96.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan.

Tiggemann, M., & Slater, A. (2013). NetGirls: The Internet, Facebook, and body image concern in adolescent girls. International Journal of Eating Disorders, 46(6), 630–633.

Van Der Velden, M., & El Emam, K. (2013). “Not all my friends need to know”: a qualitative study of teenage patients, privacy, and social media. Journal of the American Medical Informatics Association, 20(1), 16–24.

Woods, H. C., & Scott, H. (2016). # Sleepyteens: social media use in adolescence is associated with poor sleep quality, anxiety, depression and low self-esteem. Journal of Adolescence, 51, 41–49.

Diterbitkan

2019-06-23