Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Terhadap Lingkungan Sosial Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v5i1.668Kata Kunci:
Social Interaction, Gadget, Qualitative, ImpactAbstrak
Manusia adalah makhluk sosial, karena hampir setiap hari manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi tersebut menimbulkan kecenderungan dibuatnya media komunikasi secara langsung maupun melalui alat komunikasi. Melihat hal tersebut manusia semakin terampil menciptakan sebuah alat komunikasi seperti Gadget dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antar manusia. Gadget adalah alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi berbagai fitur yang berbeda. Gadget sendiri sudah menjadi kebutuhan dalam komunikasi pada abad ke-21. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Fasilkom Unsri) sebagai fakultas yang bergerak pada bidang teknologi informasi dan komunikasi pada dunia teknologi yang tidak hanya sebagai peneliti juga sebagai pengguna dari teknologi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif dimana peneliti berusaha untuk menguraikan hasil penelitian menggunakan kata-kata atau kalimat dalam suatu struktur yang logik, serta menjelaskan konsep-konsep dalam hubungan yang satu dengan lainnya. Pendekatan kualitatif juga dipilih karena dapat mempresentasikan karakteristik penelitian secara baik, dan data yang didapatkan lebih lengkap. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan analisis dampak penggunaan teknologi gadget terhadap lingkungan sosial mahasiswa Fasilkom Unsri kampus Inderalaya angkatan 2015 sampai 2018.
Unduhan
Referensi
Arifin, S. (2018, Oktober 24). Kompasiana. Retrieved from Kompasiana web Site:https://www.kompasiana.com/uyii/5630de93b37a611d0bbf3963/pengertian-gadget
Arikunto, S. (2010). prosedur penelitian, jakarta: Rineka Cipta. Edisi II.
Brotosiswoyo, B. S. (2002). Dampak Sistem Jaringan Global pada Pendidikan Tinggi: Peta Permasalahan. Komunika, 28.
Büyükbaykal, C. I. (2015). Communication Technologies and Education in the Information Age. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.594
Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BARU TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL ANAK DI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Penelitian Humaniora. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188
Grehenson, G. (2018). Penggunaan ponsel di Indonesia Universitas Gadjah Mada. Retrieved from Universitas Gadjah Mada Website: http://ugm.ac.id/id/berita/8776-menkominfo:.270.juta.pengguna.ponsel.di.indonesia.
Koentjaraningrat, M. M. P. M. (1997). Cetakan Keempat belas, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Maila Husni Rahim, M. A. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V (Lima) Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (Fitk) Uin Syarif Hidayatulah Jakarta (Bachelor's thesis).
Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. CogITo Smart Journal. https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.47.83-90
Nourwahida, C. D. Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa di SMA Darussalam Ciputat (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Pariyatin, Y. (2015). PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KAMPUNG SAMPIREUN RESORT & SPA. Jurnal Algoritma, 12(1).
Romero-Ruiz, K., Echeverri-Sánchez, L., Peña-Plata, J., Vásquez-Giraldo, S., Aguilera-Cardona, M., Herazo-Avendaño, C., … Bran-Piedrahita, L. (2017). Information and Communication Technologies Impact on Family Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.007
Saputra, G. W., Rivai, M. A., Su’udah, M., Wulandari, S. L. G., Dewi, T. R., & Fitroh, F. (2017). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KECERDASAN (INTELEKTUAL, SPIRITUAL, EMOSIONAL DAN SOSIAL) STUDI KASUS: ANAK-ANAK. STUDIA INFORMATIKA: JURNAL SISTEM INFORMASI, 10(2).
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
suharsimi arikunto. (2014). prosedur penelitian. Harmonia: Journal of Arts Research And Education HARMONIA : Journal of Arts Research and Education. https://doi.org/10.15294/harmonia.v17i1.8257
Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1021/ol7029646
Setiawan. (2000). Meraih Nilai Akademik Maksimal. Diambil kembali November 20, 2017, dari Pendidikan Tinggi: Available: http://www.pend-tinggi.com/nilai098+akademik/html
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Usman, K., & Setiadi Elly, M. (2011). Pengantar Sosiologi : Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan sosial : Teori, Aplikasi dan Pemecahan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.