EVALUASI DAN PENGEMBANGAN ALTERNATIF DESAIN ANTARMUKA E-CAMPUS STIKOM AMBON

Penulis

  • Amran Suatkab Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Harry B. Santoso Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v4i2.580

Kata Kunci:

SUS, Usability, E-Campus, Prototype, Shneiderman’s

Abstrak

E-Campus adalah sebuah media pendukung sistem administrasi dan kegiatan akademis yang digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan kampus. Namun, e-Campus dibuat dan dikembangkan oleh pihak publik untuk memenuhi kebutuhan secara umum, yang artinya tidak dibuat untuk memenuhi semua kebutuhan kampus secara spesifik yang berdapampak pada kegiatan administrasi dan akademik kampus seperti fitur-fitur yang tidak terpakai, tidak berhubungan dengan kegiatan kampus. Lebih lanjut lagi, bagi mahasiswa dan dosen, terdapat bagian formulir yang tidak lengkap, dan lain sebagainya. Evaluasi pada sistem e-Campus dilakukan dengan menerapkan multi metode yang terdiri dari uji usability dengan mengamati kesulitan responden dalam memanfaatkan fungsi/fitur e-Campus secara khusus dan juga system usability scale untuk menilai sistem secara menyeluruh. Hasil menujukkan tidak satupun skenario yang berhasil diselesaikan tanpa bantuan (hint). Lebih lanjut completion rates untuk task 13 dan 18 adalah 0% dari jumlah pengguna. Selain itu, semua task diselesaikan peserta tidak on-time. Permasalahan utama terdapat pada tampilan halaman, toolbar, sistem navigasi, dan juga halaman yang tidak lengkap. Selanjutnya, prototipe e-camapus dibangun berdasarkan Shneiderman’s 8 golden rules of interface design rules shneiderman dan mempertimbangkan masukan dari tahapan evaluasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brooke, J., & Et.al. (1996). SUS-A quick and dirty usability scale. Usability evaluation in industry, 189, 4-7.

Davis, D., & Jiang, S. (2015, March). Usability evaluation of web-based interfaces for Type2 Diabetes Mellitus. In Industrial Engineering and Operations Management (IEOM), 2015 International Conference on (pp. 1-6). IEEE.

Jayanti, N. K. (2017). Kajian Analisa: Penerapan dan Pengembangan e-Government pada Pemerintah Propinsi Bali. Creative Information Technology Journal (CITEC Journal).

Mustafa, M. S., Ramadhan, M. R., & Thenata, A. P. (2017). Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Creative Information Technology Journal (CITEC Journal).

Praningku, T., & Budi, I. (2017). Sistem Prediksi Penyakit Kanker Serviks Menggunakan CART, Naive Bayes, dan k-NN. Creative Information Technology Journal (CITEC Journal).

Santoso, H. B., & Fitriansyah, R. (2017). Prototype Development and Usability Evaluation of a Mobile-Based Arabic Language Learning Application. Journal of Engineering and Applied Sciences, 1961-1967.

Shneiderman, B. (2010). Designing the user interface: strategies for effective human-computer interaction. Pearson Education India.

Sudarmawan, & Ariyus, D. (2007). Interaksi Manusia & Komputer. Yogyakarta: ANDI.

Unduhan

Diterbitkan

2018-11-30