Fuzzy Inference System Sugeno Untuk Evaluasi Kinerja Pelayanan Pegawai Kantor Camat Batam Kota
Kinerja Karyawan, fuzzylogic, Metode Sugeno
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.416Kata Kunci:
Kinerja Karyawan, Fuzzylogic, Metode SugenoAbstrak
Dalam proses kinerja lembaga, ujung tombak karyawan menjadi yang pertama dalam proses pengabdian masyarakat. Kinerja yang dimiliki oleh masing-masing karyawan akan menunjukkan kualitas karyawan dalam menjalankan tugasnya. Ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kinerja yang dimiliki karyawan, perbaikan dan pemantauan kinerja bagi karyawan. Sehingga kepala karyawan bisa membuat keputusan memilih yang terbaik dari yang terbaik. Penilaian dilakukan terhadap orientasi pelayanan, integritas, disiplin dan kerja sama. Sejauh ini belum ada sistem yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar kinerja yang dimiliki oleh karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan logika fuzzy dengan metode orde nol Sugeno untuk menilai kinerja pegawai di Tembesi, Kecamatan Sagulung untuk pengolahan data menggunakan MATLAB. Langkah pertama penyelesaian evaluasi kinerja karyawan dengan menggunakan metode Sugeno dalam menentukan variabel input dan variabel output yang ditetapkan dengan baik, langkah kedua adalah mengkonversikan variabel input ke dalam rangkaian fuzzy dengan proses fuzzifikasi yang menghasilkan keputusan keluaran variabel kinerja pelayanan karyawan (Competent / Fair No Competent).
Unduhan
Referensi
Budiharto, Widodo dan Derwin Suhartono. (2014). Artificial Intelligence: Konsep dan Penerapannya. Andi. Yogyakarta.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT RajaGrafindo Persada. Jakarta. Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan: Edisi 2. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Mustika dan Sutrisno. (2016). Jurnal Model Evaluasi Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan
Metode Fuzzy Sugeno Pada Resto ABTL. Jurnal String. Vol.1 No.1. 2527-9661.
Muthohar dan Rahayu. (2015). Jurnal Metode Fuzzy Mamdani untuk Evaluasi Kinerja Pelayanan Perawat. Jurnal Penelitian. Volume 1 No.1. 8-17.
Naba Agus. (2009). Buku Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Purwanti dan Widodo. (2014). Model Penduga Kinerja Pegawai Berdasarkan Pendekatan FIS Mamdani Studi Kasus Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jurnal Faktor Exacta. 7(3): 271- 281. 1979-276x.
Rofiq. (2013). Jurnal Perancangan Manajemen Bandwith Internet Mengunakan Metode Fuzzy Sugeno. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA. Vol.7 No.1
Sutojo, Mulyanto dan Suhartono. (2011). Kecerdasan Buatan. Penerbit Andi. Yogyakarta. Yani. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.