DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KEAMANAN DIGITAL UNTUK PELAKU UMKM DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Penulis

  • Inayatul Ulya Ahyati Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rika Novyanti Bisnis Digital, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v9i2.2141

Kata Kunci:

Media pembelajaran, keamanan digital, user centered design, antarmuka pengguna, prototipe

Abstrak

Saat memasuki ekosistem digital, UMKM menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan siber. Oleh karena itu selain meningkatkan sistem keamanan mereka, para pelaku UMKM juga harus memiliki kompetensi keamanan digital. Media pembelajaran akan memudahkan para pelaku UMKM mempelajari keamanan digital secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe media pembelajaran keamanan digital yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM menggunakan metode user centered design (UCD). Pelaku UMKM memiliki usia dan kemampuan menggunakan teknologi yang beragam, diharapkan dengan menerapkan metode UCD media pembelajaran yang dihasilkan mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan pengguna. UCD pada penelitian ini terdiri dari empat aktivitas yaitu: identifikasi kebutuhan pengguna, merancang solusi desain, membuat prototipe dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah prototipe media pembelajaran yang bisa menampilkan materi pembelajaran, evaluasi belajar pengguna, dan menampilkan skor hasil evaluasi. Prototipe ini diujikan kepada partispan dengan menggunakan metrik single ease question (SEQ). Rata-rata skor SEQ partisipan adalah 5,9, hal ini menunjukkan bahwa desain media pembelajaran yang diajukan mudah untuk digunakan. Sebagian besar partisipan menilai bahwa desain yang diusulkan menarik dan memberikan akses yang mudah serta menyajian materi yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. A. Rizaty, "20,76 Juta UMKM di Indonesia Masuk Ekosistem Digital pada 2022," 27 Desember 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/bursa-keuangan/detail/2076-juta-umkm-di-indonesia-masuk-ekosistem-digital-pada-2022.

Cisco Secure, "Cybersecurity for SMBs: Asia Pacific Businesses Prepare for Digital Defense," Cisco Systems Singapore, Singapore, 2021.

G. J. Adikara, N. Kurnia, L. Adhrianti, G. J. Adikara, N. Kurnia, L. Adhrianti and S. I. Astuti, Aman Bermedia Digital, Jakarta: Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, 2021.

R. B. Utomo, "Aplikasi Pembelajaran Manasik Haji dan Umroh berbasis Multimedia dengan Metode User Centered Design (UCD)," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), Volume 3 Nomor 1, pp. 68-79, 2019.

Muntahanah, A. Novianto, A. Wijaya and Y. Apridiansyah, "Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates," Jurnal Media Infotama, vol. 18, no. 1, pp. 112-120, April 2022.

M. S. M. Rahmi, M. A. Budiman and A. Widyaningrum, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku," International Journal of Elementary Education, Volume 3 Number 2, pp. 178-185, 2019.

Mustika, E. P. A. Sugara and M. Pratiwi, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle," JOIN (Jurnal Online Informatika) Volume 2 No. 2, pp. 121-126, 2017.

G. Y. Swara, A. Ambiyar, F. Fadhilah and S. Syahril, "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Mendukung Proses Pembelajaran Blended Learning," Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 7 No.2, pp. 105-117, Oktober 2020.

H. B. Santoso, P. O. H. Putra and F. F. F. H. S, "Development & Evaluation of E-Learning Module Based on Visual and Global Preferences Using a User-Centered Design Approach," International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), Vols. 16, No. 15, pp. 139-151, Agustus 2021.

L. M. Hasani, D. I. Sensuse and Kautsarina, "User-Centered Design of e-Learning User Interfaces: A Survey of the Practices," in 3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering (IC2IE), Yogyakarta, 2020.

H. Zahidah and A. Rahmah, "Evaluasi Rekomendasi Usabilitas Guna Perbaikan E-Learning pada Perguruan Tinggi Berdasarkan User Centered Desain (UCD)," Jurnal Informatika Terpadu Vol. 6 No. 2 , pp. 67-76, 2020.

A. A. Mahfudh and W. R. Saputra, "Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ," Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 4 No.2, pp. 255-262, November 2022.

Indarto and D. Santoso, "Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah," Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 54-69, April 2022.

B. J. Jansen, J. O. Salminen and S.-G. Jung, "Data-Driven Personas for Enhanced User Understanding: Combining Empathy with Rationality for Better Insights to Analytics," Data and Information Management, vol. 4, no. 1, pp. 1-17, February 2020.

B. Shneiderman, C. Plaisant, M. Cohen, S. Jacobs, N. Elmqvist and N. Diakopoulos, Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction, 6th ed., Pearson Education, 2016.

N. Aottiwerch and U. Kokaew, "Design Computer-Assisted Learning in an Online Augmented Reality Environment Based on Shneiderman's Eight Golden Rules," in 14th International Joint Conference on Computer Science and Software Engineering (JCSSE), NakhonSiThammarat, 2017.

F. E. Pamudyaningrum, H. Rante, M. A. Zainuddin and M. Lund, "UI/UX Design for Metora: A Gamification of Learning Journalism Interviewing Method," in 4th International Conference on Electrical Systems, Technology and Information (ICESTI), Bali, 2020.

D. H. Hariri, H. Hannie and I. Purnamasari, "Analisis User Experience pada Website Waste4change Menggunakan Metode Single Ease Question," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 13, pp. 95-108, Agustus 2022.

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Ahyati, I. U., & Novyanti, R. (2023). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KEAMANAN DIGITAL UNTUK PELAKU UMKM DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 9(2), 115–122. https://doi.org/10.31961/positif.v9i2.2141