Perancangan Front-end pada Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Aplikasi Android pada PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v9i2.1862Kata Kunci:
Aplikasi Front-end, Design Thinking, Maze Testing, FlutterAbstrak
Sistem informasi kepegawaian adalah sebuah sistem aplikasi yang memuat informasi dari struktur kepegawaian dalam suatu perusahaan. Pada PT. XYZ dihadapkan sebuah permasalahan mengenai sistem informasi kepegawaian yang berupa sistem presensi, laporan target kerja, dan penyampaian slip gaji yang masih manual. Sehingga pelaporan dari perusahaan kepada karyawan kurang efektif dan cenderung kurang transparan. Dari permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ, maka dibuat sebuah aplikasi berbasis android mobile apps yang terdapat tiga fitur utama yaitu: presensi, pelaporan target kerja harian, dan pelaporan slip gaji. Dimana dari semua fitur tersebut tercantum dalam satu aplikasi yang bernama “Japris App” yang dirancang menggunakan platform Flutter dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakan metode testing Wizard-of-Oz dengan menggunakan sistem pengujian Maze yang mendapatkan skor akhir sebanyak 73 dari skor total 100, dengan penguji sebanyak 4 orang dengan 5 alur pengujian. Dibuatnya aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas dari sistem informasi kepegawaian dari perushaan.
Unduhan
Referensi
S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” pp. 50–55, 2017.
S. Pandey, “Proto design practice: Translating design thinking practices to organizational settings,” Interact. Des. Archit., vol. 27, no. 1, pp. 129–158, 2015.
F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
E. C. Shirvanadi and M. Idris, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Automata, 2021.
A. Mursyidah, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputers, vol. 3, no. 4, pp. 3931–3938, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5071/2396/
J. T. Browne, “Wizard of Oz prototyping for machine learning experiences,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 1–6, 2019, doi: 10.1145/3290607.3312877.
S. Maysarani, P. Studi, R. Perangkat, J. T. Informatika, and P. N. Bengkalis, “Laporan kerja praktek perancangan front-end pada aplikasi buku telepon berbasis web di pt. pertamina (persero) ru ii production sungai pakning,” 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fadhilah Roy Fasya, Evi Dwi Wahyuni, Briansyah Setio Wiyono
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.