Perancangan Front-end pada Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Aplikasi Android pada PT. XYZ

Penulis

  • Fadhilah Roy Fasya Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Evi Dwi Wahyuni Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Briansyah Setio Wiyono Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v9i2.1862

Kata Kunci:

Aplikasi Front-end, Design Thinking, Maze Testing, Flutter

Abstrak

Sistem informasi kepegawaian adalah sebuah sistem aplikasi yang memuat informasi dari struktur kepegawaian dalam suatu perusahaan. Pada PT. XYZ dihadapkan sebuah permasalahan mengenai sistem informasi kepegawaian yang berupa sistem presensi, laporan target kerja, dan penyampaian slip gaji yang masih manual. Sehingga pelaporan dari perusahaan kepada karyawan kurang efektif dan cenderung kurang transparan. Dari permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ, maka dibuat sebuah aplikasi berbasis android mobile apps yang terdapat tiga fitur utama yaitu: presensi, pelaporan target kerja harian, dan pelaporan slip gaji. Dimana dari semua fitur tersebut tercantum dalam satu aplikasi yang bernama “Japris App” yang dirancang menggunakan platform Flutter dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakan metode testing Wizard-of-Oz dengan menggunakan sistem pengujian Maze yang mendapatkan skor akhir sebanyak 73 dari skor total 100, dengan penguji sebanyak 4 orang dengan 5 alur pengujian. Dibuatnya aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas dari sistem informasi kepegawaian dari perushaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” pp. 50–55, 2017.

S. Pandey, “Proto design practice: Translating design thinking practices to organizational settings,” Interact. Des. Archit., vol. 27, no. 1, pp. 129–158, 2015.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

E. C. Shirvanadi and M. Idris, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Automata, 2021.

A. Mursyidah, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputers, vol. 3, no. 4, pp. 3931–3938, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5071/2396/

J. T. Browne, “Wizard of Oz prototyping for machine learning experiences,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 1–6, 2019, doi: 10.1145/3290607.3312877.

S. Maysarani, P. Studi, R. Perangkat, J. T. Informatika, and P. N. Bengkalis, “Laporan kerja praktek perancangan front-end pada aplikasi buku telepon berbasis web di pt. pertamina (persero) ru ii production sungai pakning,” 2021.

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Fasya, F. R., Wahyuni, E. D., & Wiyono, B. S. (2023). Perancangan Front-end pada Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Aplikasi Android pada PT. XYZ. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.31961/positif.v9i2.1862