PENGEMBANGAN APLIKASI MENGHAFAL AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v8i2.1486

Kata Kunci:

Basis Android, Pengembangan Aplikasi, Menghafal Al-Qur’an, Kualitatif, Waterfall

Abstrak

Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap mukmin. Proses menghafal Al-Qur’an menggunakan metode hafalan khusus yang berbeda di setiap pondok, namun penerapan metode atau cara menghafal tersebut tidak dapat digunakan oleh para penghafal pemula dari umum, sehingga akan membuat proses menghafal menjadi terhambat atau terasa berat. Maka dari itu penelitian ini melakukan pengembangan aplikasi untuk membantu mukmin dalam menghafal al-qur’an. Pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android bisa membantu dan memudahkan masyarakat yang ingin menghafal al-qur’an. Model pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, studi pustaka. Sedangkan model pengembangan perangkat lunak yaitu model waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Hafidz.id untuk menghafal al-qur’an menggunakan teknologi android yang bisa diakses secara online maupun offline dengan fitur audio, teks ayat, gambar, terjemahan serta penambahan asbabun nuzul/kisah yang support dengan teks bahasa Arab. Terdapat dua tampilan yaitu hafiz kids dan formal, terdapat model hafalan yang diterapkan per ayat (satu ayat dalam satu scene). Aplikasi ini telah berhasil melewati proses pengujian sistem yakni menggunakan pengujian black box dan mendapatkan hasil sukses di semua pengujian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Herfandi Herfandi, Universitas Teknologi Sumbawa

saya bernama lengkap Herfandi, A. Md., S. Kom., M. Kom. Dosen Tetap – Non PNS Prodi Informatika, Fakultas Rekayasa Sistem – Universitas Teknologi Sumbawa

Referensi

Fenty Sulastini and Moh. Zamili, “Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, Oct. 2019, doi: 10.35316/jpii.v4i1.166.

I. A. Supriono and A. Rusdiani, "IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI LPTQ KABUPATEN SIAK,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 4, no. 1, pp. 54–64, Aug. 2019, doi: 10.15575/isema.v4i1.5281.

B. Budiono, “IMPLEMENTASI METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK DALAM ALQUR’AN PADA SISWA TUNANETRA DI SDLB PUTRA MANUNGGAL GOMBONG,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 2, no. 2, p. 1, Dec. 2018, doi: 10.20961/jdc.v2i2.23918.

A. Nugroho Wibowo, Agus Supandi, A. Andri, and Sigit Widiyarto, “Pemanfaatan Pembelajaran ICT Dalam Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Guru SMP,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 4, no. 2, pp. 228–230, Nov. 2020, doi: 10.37859/jpumri.v4i2.2148.

M. I. Hanafri, M. Iqbal, and C. A. G. Santi, “Aplikasi Pembelajaran Menghafal Surat-Surat Pilihan Al-Qur’an Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android,” Academic Journal of Computer Science Research, vol. 1, no. 1, Jul. 2019, doi: 10.38101/ajcsr.v1i1.234.

Aisyah Nur Amalia, “Dinamika Tes Peringkat Hafalan,” Jurnal Al-Fanar, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, Aug. 2019, doi: 10.33511/alfanar.v2n1.1-14.

M. Ulum and M. Idris, “ANALISA APLIKASI PENGHAFAL DOA-DOA ISLAM BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI MANDRASAH DINIYAH,” JPGMI, vol. 5, no. 1, pp. 11–23, 2019, doi: 10.54892/jpgmi.v5i1.48.

R. SEVUTRA and S. ERLINDA, “PENERAPAN GAMIFICATION HAFALAN ALQURAN DAN HADIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCOTT,” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 2276–2282, 2019, Accessed: Sep. 24, 2020. [Online]. Available: https://stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/75

N. Hidayah, R. Afwani, and A. H. Jatmika, “Rancang Bangun Aplikasi Bantu Hafal Al-Qur’an Metode At-Taisir Berbasis Android,” Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), vol. 3, no. 1, pp. 30–38, Jun. 2019, doi: 10.29303/jcosine.v3i1.233.

L. Q. Uyun, “Laili qurratul ‘Uyun, Ulhaq zuhdi (2019) Pengembangan Game edukasi Al-Qur’an Ratsel Bambini berbasis Android Mata Pelajaran PAI Materi Hafalan Surat Pendek Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 7, no. 4, pp. 3228–3238, 2019, Accessed: Sep. 24, 2020. [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/viewFile/28282/25872

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, III. Bandung: ALFABETA, 2021.

H. Herfandi, S. Dwiasnati, K. A. Baihaqi, and R. Avrizal, “Perancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal,” Faktor Exacta, vol. 15, no. 2, p. 117, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i2.12894.

S. Sundaramoorthy, UML Diagramming. Boca Raton: Auerbach Publications, 2022. doi: 10.1201/9781003287124.

A. Andrews, A. Alhaddad, and S. Boukhris, “Black-box model-based regression testing of fail-safe behavior in web applications,” Journal of Systems and Software, vol. 149, pp. 318–339, Mar. 2019, doi: 10.1016/j.jss.2018.11.020.

S. Sauda and E. P. Agustini, “Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City,”MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 20, no. 1, pp. 73–84, Sep. 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.673.

A. Aminuddin, “Implementasi Unified Modeling Language (UML) pada Perancangan Aplikasi WiFiTalkie Berbasis TCP/IP,” SISTEMASI, vol. 8, no. 2, p. 265, May 2019, doi: 10.32520/stmsi.v8i2.484.

Diterbitkan

2023-02-15

Cara Mengutip

Herfandi, H., & Fitria, A. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI MENGHAFAL AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 8(2), 107–113. https://doi.org/10.31961/positif.v8i2.1486