Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1038Kata Kunci:
Online Learning, Perceived Enjoyment, Perceived Ease of Use, Actual Technology UseAbstrak
Sebagai upaya mencegah meluasnya penularan Covid 19 dilakukan penyesuaian kebijakan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin menerapkan pembelajaran daring. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19. Penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner (google form). Dengan Populasi mahasiswa sebanyak 171 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Secara bersama perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use berpengaruh signifikan terhadap sebesar 55,7%; 2) Secara parsial yang berpengaruh signifikan adalah perceived enjoyment dan actual technology use, sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring.
Unduhan
Referensi
N. H. Zhafira, E. Yenny, and Chairiyaton, “Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19,†J. Bisnis dan Kaji. Strateg. Manaj., vol. 4, no. 1, 2020.
L. O. Anhusadar, “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi,†KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 44–58, 2020.
M. I. Mustofa, M. Chodzirin, and L. Sayekti, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 151–160, 2019.
A. Mustarin and M. Wiharto, “Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan program e-learning berbasis LMS pada Mata Kuliah Teknologi Budidaya Perikanan,†in Prosiding Hasil Penelitian Lembaga Penelirtian Unhas, 2018, pp. 249–253.
S. A. Yodha, Z. Abidin, and E. P. Adi, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG,†JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 181–187, 2019.
D. S. Pratiwi and T. Andayono, “PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING,†CIVED (Jurnal Tek. Sipil dan Pendidik. Vokasi), vol. 7, no. 1, 2019.
N. L. Khusniyah and L. Hakim, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS,†J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, 2019.
Suhendi, “Analisa Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemudahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–8, 2015.
Musaljon, “Persepsi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor Terhadap Penggunaan Aplikasi Edmodo,†2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.