Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin

Penulis

  • hikmayanti huwaida Program Studi Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia
  • Rofi'i Program Studi Adminitrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia
  • Sri Imelda Program Studi Adminitrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1038

Kata Kunci:

Online Learning, Perceived Enjoyment, Perceived Ease of Use, Actual Technology Use

Abstrak

Sebagai upaya mencegah meluasnya penularan Covid 19 dilakukan penyesuaian kebijakan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin menerapkan pembelajaran daring. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi  Covid 19.  Penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner (google form). Dengan  Populasi mahasiswa sebanyak 171 orang.  Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Secara bersama perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use berpengaruh signifikan terhadap sebesar 55,7%; 2) Secara parsial yang berpengaruh signifikan adalah perceived enjoyment  dan actual technology use, sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. H. Zhafira, E. Yenny, and Chairiyaton, “Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19,†J. Bisnis dan Kaji. Strateg. Manaj., vol. 4, no. 1, 2020.

L. O. Anhusadar, “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi,†KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 44–58, 2020.

M. I. Mustofa, M. Chodzirin, and L. Sayekti, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 151–160, 2019.

A. Mustarin and M. Wiharto, “Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan program e-learning berbasis LMS pada Mata Kuliah Teknologi Budidaya Perikanan,†in Prosiding Hasil Penelitian Lembaga Penelirtian Unhas, 2018, pp. 249–253.

S. A. Yodha, Z. Abidin, and E. P. Adi, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG,†JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 181–187, 2019.

D. S. Pratiwi and T. Andayono, “PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING,†CIVED (Jurnal Tek. Sipil dan Pendidik. Vokasi), vol. 7, no. 1, 2019.

N. L. Khusniyah and L. Hakim, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS,†J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, 2019.

Suhendi, “Analisa Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemudahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–8, 2015.

Musaljon, “Persepsi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor Terhadap Penggunaan Aplikasi Edmodo,†2019.

Diterbitkan

2021-05-29