Rancang Bangun Sistem Pengabutan Air Untuk Ruangan Kumbung Jamur

Authors

  • Muhammad Ferdiansyah Hidayatulloh Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Dan Desain, Institut Teknologi Dan Bisnis Asia, Malang
  • Samsul Arifin Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Dan Desain, Institut Teknologi Dan Bisnis Asia, Malang
  • Mufidatul Islamiyah Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Dan Desain, Institut Teknologi Dan Bisnis Asia, Malang

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v8i1.1360

Keywords:

Control, Fogging, Nozzle, Oyster Mushroom

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kondisi umum pada tempat pembudidayaan jamur tiram yaitu suhu dan kelembaban, kedua faktor ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan jamur tiram sehingga para petani kesulitan untuk mengatur suhu dan kelembaban kumbung jamur tiram agar mendapat suhu yang tepat. Petani jamur biasa melakukan penyiraman secara manual menggunakan penyemprot tanaman biasa berpedoman pada thermometer. Dari informasi yang di dapat langsung dari petani jamur tiram, mereka membutuhkan suatu sistem semprot embun supaya bisa menjaga suhu ruangan kumbung jamur tetap setabil dan lembab. Pada penelitian kali ini dirancanglah pengendalian suhu dan kelembaban di dalam ruangan kumbung jamur menggunakan sistem pengabutan. Alat tersebut berupa sistem pengabutan air embun yang dapat bekerja secara otomatis. Sistem ini melibatkan sensor suhu DHT11 sebagai input pembacaan nilai suhu kelembaban kumbung jamur yang kemudian data nilai suhu kelembaban akan diolah oleh mikrokontroler Wemos D1 R2 dan kemudian ralay digunakan untuk menghidupkan pompa secara otomatis, pompa air bertekanan 100PSI digunakan untuk output yang nantinya akan mendorong air melalui selang PU dan menghasilkan embun kabut dari lubang nozzle, semprotan air halus yang di hasilkan oleh nozzle inilah yang dirasa akan lebih efektif mempengaruhi suhu dan kelembaban di ruangan kumbung jamur. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa sistem  pengabutan air untuk ruangan kumbung jamur bisa mempengaruhi pertumbuhan jamur, dilihat pada pertumbuhan jamur mulai dari munculnya pertumbuhan  pin head atau bakal buah jamur yang lebih cepat dan juga dari pin head sampai jamur mekar lebih cepat 3 hari pertumbuhan dibandingkan dengan harus menyemprotnya secara konvensional

Downloads

Download data is not yet available.

References

y. A. Fambawa, "Sistem Pemantau Dan Kontrol Kumbung Jamur Tiram Berbasis Android," Agustus 2016. [Online]. Available: https://repository.usd.ac.id/9164/1/125114016_full.pdf.

A. Nugroho, M. F. K. Asyroh, A. angestu and B. Wulandari, "Pengatur Suhu Dan Kelembaban Kumbung Jamur Otomatis," ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education, vol. 3, no. 2, pp. 48-53, November 2018.

L. N. Rohman, "Rancang Bangun Sensor Suhu UdarA," 2019.

P. Giashinta, "Alat Pengatur Suhu Kelembaban Dan Monitoring MasA," Yogyakarata, 2018.

A. Kadir, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino, 2013.

embeddednesia.com, "Wemos D1, Board ESP8266 Yang Kompatible Dengan Arduino," september 2017. [Online]. Available: https://embeddednesia.com/v1/wemos-d1-board-esp8266-yang-kompatible-dengan-arduino/.

I. Yudhy, "Pertumbuhan Dan Produktifitas Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Pada Komposisi Media Tanam Ampas Kopi Dan Daun Pisang Kering Yang Berbeda," Surakarta, 2014.

A. H. Saptadi, "Perbandingan Akurasi Pengukuran Suhu dan Kelembaban Antara Sensor DHT11 dan DHT22," Jurnal Infortel (informatika, Telecommunication and elektronics), vol. 6, no. 2, pp. 50-56, 2014.

Alimuddin, D. M. S. S. Subrata, F. Fauzan A, Nurmayulis, R. Arafiyah and R. Oktarida, "Sistem Monitoring Parameter Suhu Cabe Merah Dengan Sistem Aeroponik Pada Greenhouse untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional," Jurnal Teknik Mesin Untirta, vol. 4, no. 2, pp. 91-95, Oktober 2018.

K. pandiangan, "Peningkatan Kualitas Droplet pada Sistem Pendingin Pengabutan Menggunakan Kipas Aksial dan Sentrifugal di Rumah Kaca Berventilasi Alami," 2019.

R. K. K. Pratiwi, "Rancang Bangun Sistem Pengendalian Pressure Pada Tabung Penyimpanan Dari Hasil Pencampuran Gas Hidrogen Dengan Gas Sebagai Sumber Energi Genset," Surabaya, 2016.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Ferdiansyah Hidayatulloh, M., Arifin, S., & Islamiyah, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengabutan Air Untuk Ruangan Kumbung Jamur. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 8(1), 18–25. https://doi.org/10.31961/positif.v8i1.1360