RANCANG BANGUN APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK ABSENSI MENGGUNAKAN EMBARCADERO DELPHI XE7 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANJARMASIN)
Abstract
SMS Gateway telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan, dan penggunaan SMS Gateway ini juga dapat di terapkan pada instansi sekolah. Salah satu tujuan instansi sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan adalah meningkatkan disiplin siswa untuk menyiapkan mereka di dunia kerja. Dalam hal ini, indikator kedisiplinan di sekolah adalah kehadiran siswa atau yang disebut absensi. Karena itulah dibutuhkan suatu aplikasi SMS Gateway yang berfungsi menyampaikan informasi ketidakhadiran siswa-siswi kepada pihak orang tua.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian terapan. Penelitian terapan ditekan pada pemanfaatan pengetahuan baru tersebut untuk keperluan yang lebih praktis dan diagmatis. Dan kemudian diterjemahkan ke bahasa pemprograman dengan membuat aplikasi database menggunakan Program Embarcadero Delphi XE 7.
Dari hasil penelitian, perancangan dan implementasi Aplikasi SMS Gateway Untuk Absensi Siswa Pada SMK Negeri 4 Banjarmasin mampu memberikan konfirmasi ketidak hadiran siswa-siswi setiap hari melalui pesan singkat SMS yang langsung dikirimkan ke nomor handphone orang tua.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.