RANCANG BANGUN APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK ABSENSI MENGGUNAKAN EMBARCADERO DELPHI XE7 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANJARMASIN)

Authors

  • Ronny Faslah Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

SMS Gateway telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan, dan penggunaan SMS Gateway ini juga dapat di terapkan pada instansi sekolah. Salah satu tujuan instansi sekolah khususnya Sekolah Menengah Kejuruan adalah meningkatkan disiplin siswa untuk menyiapkan mereka di dunia kerja. Dalam hal ini, indikator kedisiplinan di sekolah adalah kehadiran siswa atau yang disebut absensi. Karena itulah dibutuhkan suatu aplikasi SMS Gateway yang berfungsi menyampaikan informasi ketidakhadiran siswa-siswi kepada pihak orang tua.

Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian terapan. Penelitian terapan ditekan pada pemanfaatan pengetahuan baru tersebut untuk keperluan yang lebih praktis dan diagmatis. Dan kemudian diterjemahkan ke bahasa pemprograman dengan membuat aplikasi database menggunakan Program Embarcadero Delphi XE 7.

Dari hasil penelitian, perancangan dan implementasi Aplikasi SMS Gateway Untuk Absensi Siswa Pada SMK Negeri 4 Banjarmasin mampu memberikan konfirmasi ketidak hadiran siswa-siswi setiap hari melalui pesan singkat SMS yang langsung dikirimkan ke nomor handphone orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-11-01

How to Cite

Faslah, R. (2015). RANCANG BANGUN APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK ABSENSI MENGGUNAKAN EMBARCADERO DELPHI XE7 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANJARMASIN). POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/209